ETIKA PERGAULAN PERSPEKTIF Q.S. AN NUR AYAT 30-31 (Studi Terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023)

Wahyuning Tiyas, Maulidita (2023) ETIKA PERGAULAN PERSPEKTIF Q.S. AN NUR AYAT 30-31 (Studi Terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023). Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Maulidita Wahyuning Tiyas_T20181048.pdf

Download (3MB)

Abstract

Maulidita Wahyuning Tiyas, 2023. Etika Pergaulan Perspektif Q.S. An Nur Ayat 30-31 (Studi Terhadap Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember Tahun Akademik 2022/2023).

Kata Kunci: Etika Pergaulan, pendidikan Agama Islam, Q.S. An Nur ayat 30-31

Dalam era perkembangan zaman yang begitu pesat, kita menjadi saksi perubahan pola hidup masyarakat yang memberikan dampak kompleks. Perubahan ini tak hanya membawa kebaikan, tetapi juga menghadirkan tantangan baru, termasuk dalam etika pergaulan. Mahasiswa Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember turut merasakannya, di mana perubahan perilaku sosial terkadang menabrak norma agama dan kode etik mahasiswa. Kondisi ini menarik perhatian kampus untuk digali lebih dalam, sehingga penelitian ini dilakukan guna menjelajahi faktor-faktor yang mempengaruhi dinamika etika pergaulan mereka.
Fokus penelitian adalah bagaimana etika pergaulan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam terhadap Perspektif Q.S. An Nur Ayat 30-31 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dan apa saja faktor yang mempengaruhi etika pergaulan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan etika pergaulan mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam terhadap Perspektif Q.S. An Nur Ayat 30-31 Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember dan mendeskripsikan faktor yang mempengaruhi etika pergaulan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Agama Islam Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ditentukan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini meliputi pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data dalam penelitian ini menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Dari penelitian, disimpulkan bahwa Q.S. An-Nur 30-31 membimbing etika pergaulan mahasiswa di Universita Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember, menekankan menahan pandangan, menjaga kemaluan, dan menutup aurat. Beberapa mahasiswa belum sepenuhnya internalisasi etika ini, terlihat dalam perilaku berduaan, bersentuhan dengan bukan muhrim, dan kurang menutup aurat. Diperlukan upaya tambahan dalam pendidikan etika Islam, pembinaan mahasiswa, dan penegakan kode etik kampus agar etika pergaulan tetap sesuai dengan nilai-nilai Islam Q.S. An-Nur 30-31. Adapun faktor yang mempengaruhi etika pergaulan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan Program Studi Pendidikan Agama Islam Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq yaitu 1) Norma-norma etika, 2) Aturan Agama, 3) Kondisi fisik, 4) Penguasaan diri terhadap nilai-nilai moral dan agama, 5), kesadaran etika, dan 6) Sifat Manusia.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs Maulidita Wahyuning Tiyas
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:06
Last Modified: 04 Jan 2024 02:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31275

Actions (login required)

View Item View Item