PENENTUAN BIAYA PRODUKSI DAN IMPLEMENTASI ANALISIS VALUE CHAIN PADA UMKM ES AQUARIUM DI ERA PANDEMI COVID-19

Mariani, Sitti (2023) PENENTUAN BIAYA PRODUKSI DAN IMPLEMENTASI ANALISIS VALUE CHAIN PADA UMKM ES AQUARIUM DI ERA PANDEMI COVID-19. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SITTI MARIANI (E20173008).pdf

Download (18MB)

Abstract

ABSTRAK
Sitti Mariani, Dr. Nur Ika Mauliyah, S. E., M. Ak. 2023 : Penentuan Biaya Produksi dan Implementasi Analisis Value Chain pada UMKM Es Aquarium di Era Pandemi Covid-19
Warung Es Aquarium merupakan salah satu UMKM yang berdiri sejak mewabahnya pandemi Covid-19 di Indonesia. Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat yang terkena dampak Covid-19 dalam hal memperoleh makanan dan minuman. Sehingga masyarakat tidak perlu keluar rumah untuk memperolehnya, namun hanya dengan memesan via telepon atau whatsapp (delivery order). Tujuan yang lain dari berdirinya UMKM tersebut adalah untuk meminimalisir penularan virus corona.
Berdasarkan latar belakang masalah, maka penulis dapat merumuskan beberapa permasalahan ang menarik untuk dikaji dan dianalisis, diantaranya: (1) Bagaimana penentuan biaya produksi pada Warung Es Aquarium di Era Pandemi Covid-19? (2) Bagaimana implementasi analisis value chain pada Warung Es Aquarium di Era Pandemi Covid-19?
Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penentuan biaya produksi pada Warung Es Aquarium di Era Pandemi Covid-19 (2) Untuk mengetahui implementasi analisis value chain pada Warung Es Aquarium di Era Pandemi Covid-19.
Dalam penelitian ini metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data menggunakan teknik pengumpulan data wawancara, dokumentasi, dan observasi. Kemudian untuk teknik analisis data menggunakan data deskriptif. Selain itu untuk keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan: (1) Penentuan biaya produksi di UMKM Es Aquarium meliputi empat unsur yaitu biaya bahan baku langsung seperti buah-buahan, gula, es batu, dan air putih, biaya tenaga kerja langsung yaitu biaya gaji karyawan, biaya overhead pabrik meliputi biaya bahan pelengkap dan biaya peralatan, serta biaya pemasaran dan administrasi umum yaitu biaya promosi atau periklanan. (2) Pengimplementasian analisis value chain di UMKM Es Aquarium meliputi dua aktivitas yaitu aktivitas primer dan aktivitas sekunder. Aktivitas primer terdiri dari inbound logistic yaitu perolehan bahan baku dan bahan pelengkap, operasi yaitu pengolahan es, outbound logistic pengecekan produk, pemasaran dan penjualan yaitu penyebaran brosur di media sosial, dan pelayanan kepada konsumen. Sedangkan aktivitas sekunder terdiri dari pengadaan bahan, pengembangan teknologi seperti gadged, manajemen sumber daya manusia meliputi perekrutan karyawan, dan infrastruktur perusahaan.
Kata Kunci: Penentuan Biaya, Value Chain

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140207 Financial Economics
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140214 Public Economics- Publically Provided Goods
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140299 Applied Economics not elsewhere classified
Depositing User: Ms Sitti Mariani
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:00
Last Modified: 29 Dec 2023 08:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31276

Actions (login required)

View Item View Item