Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Pesan Moral Islami Dalam Film Web Series Little Mom

Fiqih, Nurhidayah (2023) Analisis Semiotika Roland Barthes Pada Pesan Moral Islami Dalam Film Web Series Little Mom. Undergraduate thesis, UIN KH Achamd Siddiq Jember.

[img] Text
TURNITIN FIX FIKI (3).pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci: Film, Semiotika, Moral

Dalam konteks media massa, film tidak semata-mata dimaknai sebagai media hiburan, melainkan film juga dapat berperan sebagai media edukasi, media pemberi informasi, serta media untuk menyalurkan pesan kepada penonton. Salah satunya yakni pesan moral yang terdapat pada sebuah film dengan genre drama yaitu Web Series Little Mom. Film ini menceritakan perjalanan cinta remaja berusia 16 tahun yang mengalami hamil di luar pernikahan.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) apa saja scene dari film Web Series Little Mom yang secara denotatif mengandung pesan moral Islami? 2) apa saja scene dari film Web Series Little Mom yang secara konotatif mengandung pesan moral Islami? 3) apa saja scene dari film Web Series Little Mom yang secara mitos mengandung pesan moral Islami?.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pesan moral yang secara Islami terdapat dalam film Web Series Little Mom dengan metode penelitian kualitatif deskriptif, menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Subjek penelitian menggunakan film web series Little Mom dengan scene yang menunjukkan pesan moral dalam perspektif Islam sebagai objek penelitiannya.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan adanya beberapa pesan moral dalam presepektif Islam yang terkandung pada film Web Series Little Mom di antaranya adalah untuk senantiasa berbuat ta’awun (tolong-menolong), bermusyawarah, mengikhlaskan, bertanggung jawab, berdamai, semangat belajar, peran orang tua, kasih ibu sepanjang masa. Selain itu, terdapat pesan untuk selalu menjauhi seks, khilaf, percobaan bunuh diri, perencanaan aborsi, perundungan, berkhianat serta orang yang memiliki konflik batin mendapatkan kenyamanan di suasana sunyi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130308 Gender, Sexuality and Education
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200102 Communication Technology and Digital Media Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Ms Fiqih Nurhidayah
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:51
Last Modified: 29 Dec 2023 07:51
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31285

Actions (login required)

View Item View Item