Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Moch, Bagus Priyanto (2023) Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Moch. Bagus Priyanto watermark-1.pdf

Download (9MB)

Abstract

Moch. Bagus Priyanto, 2023: Pengembangan Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Powtoon pada Materi Sistem Ekskresi untuk Siswa Kelas XI IPA di SMA Argopuro Panti Jember Tahun Pelajaran 2022/2023.Kata Kunci: Media Pembelajaran, Audio Visual, Powtoon.Media pembelajaran mempunyai peran penting dalam membantu guru dan siswa dalam proses pembelajaran, dengan adanya media pembelajaran dapat membantu guru dalam memberikan penjelasan materi pembelajaran yang akan disampaikan. Hasil observasi kelas XI IPA di SMA Argopuro Panti Jember ditemukan permasalahan yaitu kurangnya inovasi oleh pendidik karena hanya berpatokan pada modul ajar atau buku dalam proses pembelajaran dan pendidik jarang menggunakan alternatif lain seperti media pembelajaran, sehingga menyebabkan siswa merasa bosan dan kesulitan memahami materi. Maka, diperlukan sebuah inovasi dalam mengatasi permasalahan yang ada, salah satu inovasi dapat dengan menggunakan media pembelajaran dalam proses pembelajaran.Tujuan penelitian ini adalah: 1)Mendeskripsikan kevalidan media pembelajaran audio visual berbasis Powtoon pada materi sistem Ekskresi untuk siswa kelas XI IPA di SMA Argopuro Jember. 2) Mendeskripsikan respons siswa terhadap media pembelajaran audio visual berbasis Powtoon pada materi sistem Ekskresi untuk siswa kelas XI IPA di SMA Argopuro Jember. 3)Mendeskripsikan keefektifan media pembelajaran audio visual berbasis Powtoon pada materi sistem Ekskresi untuk siswa kelas XI IPA di SMA Argopuro Jember.Jenis penelitian ini adalah Research and Development (R&D). Model pegembangan yang digunakan adalah model ADDIE (Analyze, Design, Develop, Implemet, Evaluate). Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS II dan XI IPA di SMA Argopuro Panti Jember. Teknik Pengumpulan data yang digunakan yaitu angket, tes, wawancara, dan dokumentasi.Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Hasil validasi ahli media memperoleh persentase rata-rata sebesar 93,57% dengan kriteria sangat valid, validasi ahli materi memperoleh persentase rata-rata sebesar 92,85% dengan kategori sangat valid, validasi ahli bahasa memperoleh persentase sebesar 94,43%dengan kriteria sangat valid, dan validasi guru biologi memperoleh persentase sebesar 92,96% dengan kategori sangat valid. 2) Hasil uji coba skala besar memperoleh persentase rata-rata sebesar 86,80% dengan kriteria sangat baik. 3) Tingkat keefektifan media pembelajaran audio visual berbasis Powtoon dengan hasil uji pretest dan postest diperoleh nilai sig(2-tailed) sebesar 0,00 < 0,05sehingga dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran audio visual berbasis Powtoon efektif digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Moch. Bagus Priyanto
Date Deposited: 29 Dec 2023 02:10
Last Modified: 29 Dec 2023 02:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31287

Actions (login required)

View Item View Item