Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Motivasi Belajar Agama Siswa Madrasah Diniyah di Desa Ampel Wuluhan Jember

Ari Agustin, Ima (2023) Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Motivasi Belajar Agama Siswa Madrasah Diniyah di Desa Ampel Wuluhan Jember. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI IMA T20171283.pdf

Download (2MB)

Abstract

Ima Ari Agustin, 2023: Pengaruh Iklim Sekolah terhadap Motivasi Belajar Agama Siswa Madrasah Diniyah di Desa Ampel Wuluhan Jember.
Kata Kunci: Pengaruh Iklim Sekolah, Motivasi Belajar.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama siswa madrasah diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember. Penelitian ini bersifat penelitian deskriptif dengan metode penelitian kuantitatif. Penelitian ini menggunakan Random Sampling dimana populasi penelitian ini berjumlah 238 siswa, dari total keseluruhan siswa, maka sampel yang di gunakan penelitian ini berjumlah 84 siswa. Teknik pengumpulan data utama menggunakan angket yang disebar ke 84 siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember.
Pada penelitian ini rumusan masalahnya adalah 1) Apakah terdapat pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember? 2) Seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember?.
Tujuan Penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember. 2) Untuk mengetahui seberapa besar pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember.
Berdasarkan pengolahan data hasil perhitungan SPSS versi 22, pengujian statistik uji t, hasil nilai Thitung sebesar 8,671 dan Ttabel sebesar 1,989, dengan signifikansi sebesar 0,000. Dengan kriteria pengujian jika Thitung > Ttabel dan jika signifikansi < α (0,05), maka Ho ditolak Ha di terima. Sehingga terdapat pengaruh yang signifikan antara iklim sekolah terhadap motivasi belajar siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember. Pada perhitungan koefisien determinasi diketahui pengaruh iklim sekolah terhadap motivasi guru sebesar 48,3%. Sedangkan sisanya 51,7% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti.
Dari hasil perhitungan tersebut maka terdapat pengaruh yang signifikan iklim sekolah terhadap motivasi belajar agama siswa Madrasah Diniyah di desa Ampel Wuluhan Jember.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Depositing User: Ms Ima Ari Agustin
Date Deposited: 29 Dec 2023 03:39
Last Modified: 29 Dec 2023 03:39
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31297

Actions (login required)

View Item View Item