Sejarah Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al-Qodiri Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun 1987-2019

Ramadhani, Khairul (2023) Sejarah Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al-Qodiri Kelurahan Gebang Kecamatan Patrang Kabupaten Jember tahun 1987-2019. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
SKRIPSI dhani fiks.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Khairul Ramadhani, 2023. Sejarah Dzikir Manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al-Qodiri tahun 1987-2019.
Kata Kunci: Dzikir Manaqib, KH Achmad Muzakki Syah, Gebang
​Dzikir manaqib adalah suatu kegiatan yang dilakukan oleh individu-individu atau secara berjamaah dengan tujuan untuk mencari keberkahan melalui kepercayaan yang dapat mengabulkan permohonnya. Dzikir manaqib yang dipimpin oleh Kyai Muzakki berdiri sejak tahu 1970. Beliau mengamalkan dzikir manaqib yang diajarkan oleh abah dan paman beliau yakni Kyai Achmad Syaha dan KH. Moh Yazid beliau mengamalkan ketika Kyai Muzakki masih dalam kandungan. Fokus penelitian dalam penelitian ini: (1) Bagaimana sejarah perkembangan Dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al-Qodiri 1987-2019. (2) Bagaimana pengaruh Dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani terhadap Pondok Pesantren Al-Qodiri. (3) Bagaimana prosesi majelis dzikir manaqib Syaikh Abdul Qodir Al-Jailani di Pondok Pesantren Al-Qodiri.
Penelitian ini mengunakan metodologi penelitian sejarah dengan beberapa tahapan, yaitu heuristic, verifikasi, interprestasi, dan historiografi. Sumber data penelitian ini berupa: sumber primer, yakni foto-foto dzikir manaqib di Kelurahan Gebang, dan sumber sekunder, yakni wawancara dengan Ustad Akhamd Rifa’I, Ustad Fajar Almi Z, dan Ustad Rinda Nur Yanto. serta tulisan-tulisan berbentuk jurnal, artikel, skripsi guna memverifikasi sumber primer yang digunakan.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diketahui bahwa (1) sejarah awal mula adanya dzikir manaqib yang dipimpin oleh Kyai Muzakki berawal dari keistiqomahan abah dan paman beliau yakni Kyai Syaha dan Kyai Moh yazid yang terus mnegalami perkembangan (2) pengaruh dzikir manaqib terhadap Pondok Pesantren Al-Qodiri yakni mampu membangun sekolah umum, membangun PTAI program S1-S2, dan mendirikan public service. (3) mengetahui prosesi dzikir manaqib yang diamalkan di Pondok Pesantren Al_Qodiri.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220407 Studies in Religious Traditions (excl. Eastern, Jewish, Christian and Islamic Traditions)
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Sejarah Peradaban Islam
Depositing User: Khairul Ramadhani
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:17
Last Modified: 29 Dec 2023 08:17
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31318

Actions (login required)

View Item View Item