Pemaknaan Pokok-pokok Agama dalam Praksis Toleransi Antara Umat Islam dan Kristen di Paleran, Cumedak, Sumberjambe, Jember

Khairunnisa, Safitri (2023) Pemaknaan Pokok-pokok Agama dalam Praksis Toleransi Antara Umat Islam dan Kristen di Paleran, Cumedak, Sumberjambe, Jember. Masters thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Tesis Khairunnisa Safitri.pdf

Download (9MB)

Abstract

Safitri, Khairunnisa. 2023. Pemaknaan Pokok-Pokok Agama dalam Praksis Toleransi Antara Umat Islam dan Kristen di Paleran Cumedak Sumberjambe Jember. Tesis. Program Studi Studi Islam Pascasarjana UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. Pembimbing I: Dr. Fawaizul Umam, M.Ag. Pembimbing II: Dr. Khoirul Faizin, M.Ag.

Kata Kunci: Pokok-pokok Agama, Praksis Toleransi

Salah satu wilayah yang terkenal dengan toleransi dan kerukunan beragamanya yang sangat kental yaitu Dusun Paleran Desa Cumedak, Sumberjambe, Jember, karena masyarakat di daerah tersebut menggambarkan potret kehidupan toleransi beragama yang rukun dan damai walaupun ada perbedaan agama diantara mereka. Di tengah-tengah konflik keagamaan yang sering melanda antara umat Islam dan Kristen yang ada di Indonesia, masyarakat di daerah ini membuktikan bahwa mereka bisa hidup berdampingan tanpa memandang perbedaan keyakinan yang mereka anut. Salah satu faktor yang dapat mewujudkan kerukunan tersebut, karena umat beragama di Dusun Paleran Desa Cumedak menjalankan pokok-pokok agama mereka dengan baik dan benar, maka itu pula kemudian yang melandasi sikap toleransi antarumat beragama tercipta dalam diri seorang Muslim ataupun seorang Nasrani.
Fokus dalam penelitian ini adalah bagaimana umat Islam dan Kristen di Dusun Paleran Desa Cumedak memaknai ajaran-ajaran pokok dalam agama mereka serta bagaimana pemaknaan pokok-pokok agama tersebut diimplementasikan dalam praksis toleransi antarumat beragama di lingkungan sekitar mereka. Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan ialah deskriptif, kualitatif, dan metode induktif. Penyajian data melalui penjabaran makna dan menarik kesimpulan dengan mereview data dan teori yang telah dibangun dalam penelitian dan diungkapkan bersama teori-teori lain yang relevan.
Kesimpulan atau hasil dalam penelitian ini adalah: (1) Umat beragama di Dusun Paleran mengartikan toleransi sebagai sikap saling menghargai dan saling menghormati sesama umat manusia, tanpa memandang perbedaan agama atau etnis. Hal tersebut menjadi bukti bahwa umat beragama di Dusun Paleran dapat memaknai atau memahami ajaran-ajaran pokok agama mereka dengan baik, serta dapat pula mewujudkannya ke dalam praksis toleransi antarumat beragama. (2) Umat beragama di Dusun Paleran dapat menjalankan dan mengamalkan praktik atau ritual dalam agama mereka dengan baik sebagai wujud penghambaan kepada Tuhan. Pemaknaan pokok-pokok agama umat beragama disana terlihat ketika mereka sedang melangsungkan ritual keagamaan masing-masing sesuai dengan keyakinan mereka, serta tidak saling menyerang atau menafikan pokok-pokok agama masing-masing. Semua itu terbangun karena adanya sikap saling menghormati dan menghargai ajaran-ajaran pokok agama masing-masing.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220402 Comparative Religious Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Islam
Depositing User: Ms. Khairunnisa Safitri
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:29
Last Modified: 29 Dec 2023 07:29
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31324

Actions (login required)

View Item View Item