Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023

Rahmah, Nazilatur (2023) Implementasi Program Sekolah Adiwiyata Dalam Pembelajaran Biologi Siswa Kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Jember Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Nazilatur Rahmah Watermark_T20198067.pdf

Download (5MB)

Abstract

Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kepedulian siswa terhadap lingkungan akibat dari majunya teknologi, kedisiplinan, serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar. Untuk meminimalisir dampak yang terjadi maka perlu diajarkan mengenai pendidikan lingkungan pada setiap mata pelajaran. Pendidkan lingkungan erat kaitannya dengan pembelajaran biologi dimana dalam pembelajaran biologi berkaitan dengan cara mencari tahu dan memahami tentang alam secara sistematis. Tujuan penelitian ini yaitu : 1) Mendeskripsikan implementasi program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 5 Jember. 2) Mendeskripsikan implementasi program sekolah adiwiyata dalam pembelajaran biologi siswa kelas XI MIPA di SMA Negeri 5 Jember. 3) Mengetahui Kendala dalam pelaksanaan adiwiyata dalam pembelajaran biologi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan jenis penelitian fenomenologi. Subjek penelitian menggunakan teknik purposive Teknik pengumpulan data meliputi wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisi data menggunakan model Miles and Huberman meliputi pengumpulan data, Reduksi data dan penyajian data hasil penelitian, serta keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu 1) Implementasi program sekolah adiwiyata di SMA Negeri 5 Jember yaitu program 5R, Krida Perubahan Iklim, Krida Konservasi Keanekaragaman Hayati, Program 7K (Kebersihan, Keindaha, Kerindangan), Program adiwiyata diintegrasikan dalam mata pelajaran biologi, kegiatan partisipatif dengan mengikuti kegiatan aksi lingkungan, dan pengelolaan sarana dan prasarana sekolah. 2. Program adiwiyata diintegrasikan dalam mata pelajaran biologi yaitu 7K (Kebersihan, Keindaha, Kerindangan) tetapi belum tercantum dalam RPP namun pelaksanaanya telah dilakukan. Pengintegrasian materi lingkungan hanya diintegrasikan dengan beberapa materi seperti pada materi sel dan jaringan pada tumbuhan dimana guru mengaitkan proses terjadinya fotosintesis yang menghasilkan oksigen untuk memperbaiki atmosfer dan begitupun akar yang dapat memperbaiki struktur tanah.3. Kendala dalam pelaksanaan adiwiyata yaitu terdapat beberapa siswa yang belum faham mengenai konsep adiwiyata dan beberapa sarana dan prasarana yang tidak terawat.
Kata Kunci : Program Adiwiyata, Peduli Lingkungan, Pembelajaran Biologi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 05 ENVIRONMENTAL SCIENCES > 0502 Environmental Science and management > 050202 Conservation and Biodiversity
13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130202 Curriculum and Pedagogy Theory and Development
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Ms Nazilatur Rahmah
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:21
Last Modified: 02 Jan 2024 03:21
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31325

Actions (login required)

View Item View Item