PENGARUH FAKTOR PRODUKTIVITAS TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SUKORAME KABUPATEN LAMONGAN

Amirotunnasikha, Alfina (2023) PENGARUH FAKTOR PRODUKTIVITAS TERHADAP PENDAPATAN PETANI PADI SAWAH DI KECAMATAN SUKORAME KABUPATEN LAMONGAN. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Skripsi Alfina Amirotunnasikha Watermark.pdf

Download (4MB)

Abstract

Alfina Amirotunnasikha, Agung Parnomo, 2023: Pengaruh Faktor Produktivitas Terhadap Pendapatan Petani Padi Sawah di Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan.
Kata Kunci: Produktivitas, Pendapatan
Indonesia dikenal sebagai Negara yang sangat cocok sebagai media tanam untuk tanaman pangan yaitu padi. Untuk itu, perlu ditingkatkannya produktivitas padi. Produktivitas adalah rasio antara input dan output dari suatu proses produksi dalam periode tertentu. Input dari pertanian meliputi lahan pertanian, biaya produksi, dan teknologi. Sedangkan output dari pertanian meliputi hasil produksi. Salah satu indikator dalam mengukur kesejahteraan petani adalah pendapatan. Pendapatan merupakan jumlah penghasilan yang diterima petani dalam jangka waktu tertentu sebagai balas jasa atas faktor-faktor produksi yang telah digunakan. Kecamatan Sukorame merupakan Kecamatan penghasil padi di Kabupaten Lamongan yang memiliki produktivitas terbesar dengan potensi lahan pertanian yang cukup tinggi khususnya untuk pengembangan padi sawah.
Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini: 1) Apakah luas lahan berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi? 2) Apakah biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi? 3) Apakah teknologi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi? 4) Apakah hasil produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani padi? 5) Apakah biaya produksi, luas lahan, teknologi dan hasil produksi berpengaruh signifikan secara simultan terhadap pendapatan petani padi sawah Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan?
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan menguji hubungan pengaruh variabel-variabel dalam penelitian yang telah dirumuskan, yakni: Luas Lahan (X1), Biaya Produksi (X2), Teknologi (X3), Hasil Produksi (X4) dan Pendapatan (Y).
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian lapangan. Metode pengumpulan data menggunakan kuesioner dan dokumentasi. Jumlah sampel sebanyak 256 responden yaitu petani padi di Kecamatan Sukorame dengan menggunakan perhitungan rumus Issac dan Michael dan menggunakan program SPSS Versi 25 dengan analisis uji validitas, uji reliabilitas, uji asumsi klasik, uji analisis regresi linier berganda, uji hipotesis dan uji koefisien.
Hasil dari analisis menyatakan bahwa luas lahan tidak berpengaruh signifikan terhadap pendapatan; biaya produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani; teknologi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani; hasil produksi berpengaruh signifikan terhadap pendapatan petani; dan luas lahan, biaya produksi, teknologi dan hasil produksi berpengaruh secara simultan terhadap pendapatan petani padi sawah di Kecamatan Sukorame Kabupaten Lamongan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140201 Agricultural Economics
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Ms Alfina Amirotunnasikha
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:15
Last Modified: 02 Jan 2024 04:15
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31328

Actions (login required)

View Item View Item