Kontekstualisasi tafsir jihad pada surat Al-Furqan ayat 52 menurut Fikih kebangsaan

Rozaq, Muhammad Fathur (2023) Kontekstualisasi tafsir jihad pada surat Al-Furqan ayat 52 menurut Fikih kebangsaan. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MUHAMMAD FATHUR ROZAQ_U20191164 (1).pdf
Restricted to Repository staff only until 30 December 2023.

Download (4MB) | Request a copy

Abstract

ABSTRAK
Muhammad Fathur Rozaq. 2023. “Kontektualisasi Tafsir jihad dalam surat
Al-Furqa>n pada ayat 52 menurut Fikih Kebangsaan.
Kata kunci: Jihad, Fikih Kebangsaan,
Al-Qur’an merupakan firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad Saw, melalui malaikat Jibril, sebagai pedoman umat islam agar selamat di dunia dan akhirat. Memahami Al-Qur’an tidak hanya dengan terjemah semata melainkan harus memahami dengan perangkat ilmu yang lain. Misal ilmu Bahasa Arab, Ilmu tafsri dan lain sebagainya. Dalam ilmu tafsri terdapat istilah Mantu>q dan Mafhu>m, yakni memahami Al-Qur’an secara tekstual (Mantu>q) dan (Mafhu>m )kontekstual. Agar tidak jatuh kepada pemahaman yang salah..
Adapun fokus penelitian ini yakni pertama, bagamana pemahaman Tafsir jihad pada surat Al-Furqa>n ayat 52 ? Kedua adalah Bagaimana Kontektualisasi Tafsir Ayat Jihad Pada Surat Al-Furqa>n ayat 52 menurut Fikih Kebangsaan. ?
Jenis Penelitian ini adalah Library Research, penelitian ini menggunakan pendekatan Fikih Kebangsaan menggunakan teori Double Movement Fazlur Rahman
Hasil penelitian ini Kontektualisasi Tafsir Ayat Jihad Pada Surat Al-Furqa>n ayat 52 menurut Fikih Kebangsaan Diantaranya dalam memahami Ayat Jihad yang sering salah pahami oleh sebagian kelompok. Banyak sekali orang yang keliru dalam memahami jihad dalam Al-Qur’an, seakan-akan makna jihad adalah sebatas peperangan saja. Padahal jihad memiliki beberapa arti yang berbeda sesuai dengan temapat turunya ayat. Ayat yang turun di Mekah jihad tidak berarti peperangan melainkan kesabaran dan kesungguhan untuk senantiasa mempertahankan akidah islam. Berbeda Ketika ayat jihad turun di Madinah Jihad memiliki arti peperangan, bukan semerta menyerang orang akan tetapi sebuah bentuk perlawanan dari serangan-serangan yang dilakukan orang kafir. Pendekatan Fikih kebangsaan ialah untuk mengkonter pemahaman-pemahaman yang salah tentang jihad.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0101 Pure Mathematics > 010101 Algebra and Number Theory
02 PHYSICAL SCIENCES > 0201 Astronomical and Space Sciences > 020101 Astrobiology
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr Muhammad Fathur Qozaq
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:22
Last Modified: 29 Dec 2023 07:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31329

Actions (login required)

View Item View Item