PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN PAPAN PERMAINAN TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI MIPA SMA MUHAMMADIYAH 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Masduqi, Fuad (2023) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN STAD BERBANTUAN PAPAN PERMAINAN TERHADAP RESPON DAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI SEL KELAS XI MIPA SMA MUHAMMADIYAH 02 WULUHAN JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN khas.

[img] Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (8MB)

Abstract

Fuad Masduqi, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran STAD Berbantuan Papan
Permainan Terhadap Respon Dan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Sel Kelas Xi
Mipa Sma Muhammadiyah 02 Wuluhan Jember Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Kunci: STAD, Board Game, Respon, Hasil belajar
Pendidikan adalah salah satu komponen penting yang ada dalam lingkar
kehidupan di dunia. Mata pelajaran IPA diharapkan menjadi wahana bagi peserta
didik untuk mempelajari diri sendiri dan alam sekitar, serta prospek pengembangan
lebih lanjut dalam menerapkannya di dalam kehidupan sehari-hari, salah satu sub
mata pelajaran IPA yaitu biologi. Model pembelajaran kooperatif juga dapat
digabung dengan media belajar yang lain, disini peneliti meniliti menggunakan
media belajar papan permainan.
Tujuan penelitian skripsi ini yaitu: 1) Mengetahui pengaruh model
pembelajaran STAD berbantuan papan permainan terhadap respon siswa pada
materi sel. 2) mengetahui pengaruh model pembelajaran STAD berbantuan papan
permainan terhadap hasil belajar siswa pada materi sel
Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan
jenis penelitian quasi experimental design, dan modal post test only group design.
Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Muhammadiyah
Wuluhan dengan sampel seluruh siswa kelas XI MIPA berjumlah 72 siswa dengan
menggunakan purposive sampling dengan pertimbangan melihat rata-rata hasil
belajar siswa pada sebelum dilakukan penelitian. Instrumen yang digunakan adalah
post test dan kuesioner.
Hasil penelitian terhadap kelas eksperimen dan kelas kontrol dapat
disimpulkan bahwa 1) Dari hasil dari pengujian uji hipotesis didapatkan bahwa nilai
t hitung (4.678) > t tabel (0.684) dan nilai signifikansi 0.000 < 0.05 artinya model
pembelajaran STAD berbantuan papan permainan berpengaruh positif dan
signifikan. 2) Dari hasil uji hipotesis didapatkan bahwa t hitung = 2,086 dan nilai
signifikansi 0, 042 artinya hasil tersebut dapat dituliskan t tabel = 1,675 ini berarti
t hitung > t tabel dan nilai signifikansi 0,042 < 0,05, sehingga ada pengaruh yang
sigfikan hasil belajar terhadap model pembelajaran STAD berbantuan papan
permainan dan hasil belajar yang didapatkan dari masing-masing kelas (kelas
eksperimen dan kelas kontrol) yaitu dengan hasil uji t-test didapatkan bahwa kelas
eksperimen memiliki mean 76,307 sedangkan kelas kontrol memiliki mean 66,333
dengan mean difference 9,974. Artinya hasil belajar siswa yang diberikan model
pembelajaran STAD berbantuan papan permainan pada materi sel memiliki
perbedaan dengan kelas kontrol yang tidak diberikan treatment.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Fuad Masduqi Masduqi
Date Deposited: 29 Dec 2023 07:27
Last Modified: 29 Dec 2023 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31332

Actions (login required)

View Item View Item