MANAJEMEN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER

Akbari, Emirsal Andis (2023) MANAJEMEN METODE DEMONSTRASI DALAM PEMBELAJARAN FIQIH BERBASIS PESANTREN DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 1 JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ.

[img] Text
Watermark Skripsi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran fiqih lebih diutamakan karena pembelajaran fiqih sangat
erat hubungannya dengan dunia nyata siswa. Untuk itu seorang guru harus kreatif dalam menyampaikan materi pelajaran, menciptakan kondisi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa, sehingga siswa merasa tertarik dan mampu memahami materi yang disampaikan oleh guru secara maksimal. Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah 1) Bagaimana perencanaan dalam metode pembelajaran fiqih madrasah berbasis pesantren dalam mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 2) Bagaimana pelaksanaan dalam metode pembelajaran fiqih madrasah berbasis pesantren dalam mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 3) Bagaimana pengorganisasian dalam metode pembelajaran fiqih madrasah berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember? 4) Bagaimana evaluasi dalam metode pembelajaran fiqih madrasah berbasis pesantren dalam mata pelajaran fiqih di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mendeskripsikan perencanaan metode pembelajaran fiqih madrasah berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan metode pembelajaran fiqih madrasah berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan pengorganisasian metode pembelajaran fiqih Madrasah berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember. 3) Untuk mendeskripsikan evaluasi metode pembelajaran fiqih Madrasah berbasis pesantren di Madrasah Aliyah Negeri 1 Jember
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Dalam pendekatan deskriptif, laporan penelitian berisikan kutipan data untuk memberi gambaran penyajian laporan tersebut. Data terbentuk dari naskah wawancara, catatan lapangan, foto, video, dokumen pribadi, catatan atau memo, dokumen resmi lainnya.
Perencanaan telah sesuai dengan visi dan misi yaitu unggul dalam prestasi, terampil, berakhlakul karimah berlandaskan iman dan taqwa serta menumbuhkan penghayatan dan pengalaman ajaran Islam dan budaya bangsa sebagai sumber kearifan dalam bertindak. Pelaksanaan program pembelajaran menggunakan metode demonstrasi dan audio visual. Pengorganisasian penyusunan struktur organisasi yang mendukung, koordinasi yang efektif antara pihak terkait, integritas nilai pesantren dalam pengorganisasian akan memainkan peran penting untuk memastikan pengelolaan. Evaluasi dilakukan secara langsung dan berkala yaitu setiap semester diadakan pertemuan wali murid, setiap bulan di- adakannya ulangan harian. setiap pertemuan yaitu dilaksanakannya praktek langsung dan diawasi oleh guru.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Manajemen, Metode Pembelajaran, Fiqih, Pesantren
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Emirsal Andis Akbari
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:01
Last Modified: 29 Dec 2023 08:01
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31345

Actions (login required)

View Item View Item