Strategi Komunikasi Dakwah Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama’ (PCNU) Banyuwangi Melalui Program Sobo Deso Untuk Meningkatkan Silaturrahim Di Kabupaten Banyuwangi

Abdur, Rohman muaffa (2023) Strategi Komunikasi Dakwah Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama’ (PCNU) Banyuwangi Melalui Program Sobo Deso Untuk Meningkatkan Silaturrahim Di Kabupaten Banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KH. Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ABDUR ROHMAN MUAFFA_D20191135.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kata Kunci : Aktivitas Dakwah, Pengurus Cabang Nahdhatul Ulama’ (PCNU ), Sobo Deso, Silaturrahim, Kabupaten Banyuwangi.
Silaturrahim adalah aktivitas yang sangat danjurkan oleh agama Islam. PCNU Banyuwangi menciptakan inovasi program kerja yang bertajuk silaturrahim. Akan tetapi masyrakata Banyuwangi kurang memahami hal tersebut. Banyak dari masyarakat nahdhiyin Banyuwangi yang kurang memahami bagaimana kepengurusn NU serta program kerja yang ada didalamnya. PCNU Banyuwangi juga melihat budaya silaturrahim yang menurun yang salah satunya diakibatkan oleh kemajuan teknologi. Perjumpaan secara fisik antar masyarakat untuk membangun tali silaturrahim kini semakin berkurang. Seperti halnya seseorang yang mempunyai sanak saudara yan terlampau jauh mereka bisa menggunakan kemajuan teknologi untuk silaturrahim. Dengan kata lain perkembangan internet yang ada sekarang malah mengurangi budaya silaturrahim fisik yang dulu kerap dipraktikkan.
Fokus penelitian pada skripsi ini yaitu : 1) Bagaimana strategi komunikasi dakwah PCNU Banyuwangi? 2) Apa saja faktor pendukung dan penghambat program Sobo Deso yang dilaksanakan PCNU Banyuwangi? 3)Bagaimana dampak dari adanya aktivitas Sobo Deso PCNU Banyuwangi untuk meningkatkan silaturrahim bagi masyarakat NU Banyuwangi?
Tujuan penelitian pada skipsi ini yaitu: 1) Mendeskripsikan bagaimana strategi komunikasi dakwah PCNU Banyuwangi. 2) Mendeskripsikan apa saja faktor pendukung dan penghambat program Sobo Deso yang dilaksanakan PCNU Banyuwangi. 3) Mengetahui bagaimana dampak dari adanya aktivitas Sobo Deso PCNU Banyuwangi untuk meningkatkan silaturrahim bagi masyarakat NU Banyuwangi.
Pendekatan yang digunakan oleh peneliti yakni penelitian kualitatif. Sedangkan jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif kualitatif. . Selain iti, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan, analisis data yang digunakan meliputi kondensasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Adapun pada teknik keabsahan data yaitu menggunakan trianggulasi sumber dan trianggulasi Data
Kesimpulan pada skripsi ini adalah aktivitas dakwah PCNU Banyuwangi salah satunya yakni Sobo Deso sudah terlaksana sebanyak 211 dari 217 desa dan kelurahan yang ada di Kabupaten Banyuwangi. Hal tersebut membuktikan adanya dukungan yang besar dari semua elemen yang ada di Banyuwangi. Masyarakat, stakeholder NU, pemerintah desa serta Babinsa dan Bhabinkamtibmas merupakan elemen yang mendukung kegiatan tersebut. Sedangkan dampak dari Sobo Deso ialah silaturrahim atau pertemuan lebih rutin dilaksanakan bisa dilihat dari aktifnya pengurus ranting NU.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200101 Communication Studies
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Abdur Rohman Rohman
Date Deposited: 29 Dec 2023 08:40
Last Modified: 29 Dec 2023 08:40
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31357

Actions (login required)

View Item View Item