Implementasi Risiko Pembiayaan KPR IB Mauamalat Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember Dalam Menekankan Pembiayaan Macet

Pratama, Angelica Putri Hadi (2023) Implementasi Risiko Pembiayaan KPR IB Mauamalat Pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember Dalam Menekankan Pembiayaan Macet. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
skripsi enjel revisi pp-2.pdf

Download (1MB)

Abstract

Angellica Putri Hadi Pratama, Dr. Khamdan Rifai, S.E. M.Si: Impementasi Risiko Kredit KPR IB Muamalat pada Bank Muamalat Kantor Cabang Jember dalam Menekankan Kredit Macet

Pada zaman sekarang hampir seluruh kehidupan manusia berhubungan dengan bank, mulai dari transaksi, pendanaan ataupun pinjaman.Bank adalah lembaga keuangan yang menghimpun dana dari masyarakat kemudian menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk pembiayaan dan layanan bank lainnya. Manusia memiliki kebutuhan primer seperti sandang, pangan dan papan. Salah satu kebutuhan utama manusia adalah sektor papan maka bank menempatkan Kredit Pemilikan Rumah sebagai produk jasa yang paling banyak diminati. Hadirnya pembiayaan KPR disebabkan karena tingginya permintaan masyarakat yang seringkali terbentur pada minimnya dana yang dimiliki untuk memiliki rumah sendiri. Pada Bank Muamalat KPR disebut KPR IB Muamalat. Pembiayaan KPR adalah fasilitas pembiayaan konsumer yang didasarkan pada akad murabahah atau musyarakah mutanaqisah.
Fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini: 1) Bagaimana implementasi pembiayaan KPR IB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember dalam menekankan kredit macet, 2) Bagaimana kebijakan Bank Muamalat Kantor Cabang Jember untuk mengurangi risiko kredit macet.
Tujuan dari penelitian skripsi ini: 1) Untuk mengetahui implementasi pembiayaan KPR IB Muamalat di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember, 2) Untuk mengetahui kebijakan Bank Muamalat Kantor Cabang Jember sebagai upaya mengurangi risiko kredit macet pada pembiayaan KPR IB Muamalat.
Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif, dengan jenis penelitian deskriptif. Lokasi penelitian di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember. Dalam menentukan informan penelitian ini menggunakan teknik purposive. Teknik pengumpulan data dengan wawancara terstruktur, observasi, dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan teknik triangulasi data.
Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa implementasi pembiayaan KPR IB Muamalat Di Bank Muamalat Kantor Cabang Jember terdapat beberapa aspek yang perlu diperhatikan dalam pembiayaan yaitu melakukan akad, memberikan suatu perjanjian jaminan sebelum kredit KPR pada Bank Muamalat dimana jaminan yang sudah ditentukan oleh pihak bank adalah jaminan harus lebih besar dari pada angka kredit KPR (bank menggunakan Non-Subsidi), dan yang terakhir adanya pelaksanakan survey kepada nasabah sebelum akad transaksi. Terkait upaya Bank Muamalat mengurangi risiko kredit macet yaitu: (a) Penataan Kembali (retructuring) atau perpaduan antara reconditioning dengan rescheduling yang akan dilakukan oleh pihak bank kepada nasbah, namun dengan memenuhi persyaratan yang berlaku pada bank muamah kab. Jember (b) Penjadwalan kembali (rescheduling) bisa dikatakan memperpanjang jangka waktu pembiayaan dan perpanjang jangka waktu angsuran, (c) Persyaratan kembali (reconditioning) atau bisa dikatakan mengubah berbagai persyaratan yang ada seperti: perubahan jadwal pembayaran, jumlah angsuran, jangka waktu tanpa menambah sisa pokok tanggungan nasabah.

Kata kunci : Implementasi, KPR Muamalat, Kredit Macet

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140101 History of Economic Thought
14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
Depositing User: Ms Angellica Putri Hadi Pratama
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:56
Last Modified: 05 Jan 2024 07:27
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31362

Actions (login required)

View Item View Item