Strategi Komunikasi Jemaah TabligDalam Berdakwah Di Kampung Kramat Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo

Nihayati, Indah (2023) Strategi Komunikasi Jemaah TabligDalam Berdakwah Di Kampung Kramat Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Indah Nihayati _ D20191091.pdf

Download (6MB)

Abstract

Kata Kunci : Jemaah tablig, strategi komunikasi dakwah
Jemaah tablig merupakan kelompok yang bergerak dalam bidang dakwah Islam yang di kenal dengan jemaah tablig. Kehadirannya di Kampung Kramat untuk meningkatkan keimanan serta mampu mengamalkan dakwah yang di ajarkannya, untuk mencapai suatu perubahan menjadi masyarakat yang islami. jemaah tablig melihat permasalahan-permasalahan yang ada di Kampung Kramat begitu sangat jelas, sehingga perlu dilakukan dakwah dengan strategi tertentu, sesuai dengan kondisi masyarakat di Kampung Kramat. jemaah tablig membawa perubahan besar di Kampung Kramat namun tidak menutup kemungkinan metode dakwah jemaah tablig juga mendapatkan pendukung dan penghambat dalam melaksanakan kegiatan dakwahnya.
Adapun fokus penelitian yang diteliti dalam skripsi ini adalah 1) bagaimana strategi komunikasi jemaah tablig dalam berdakwah di Masjid Kampung Kramat Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo, 2) apa saja faktor pendukung dan menghambat strategi komunikasi jemaah tablig dalam berdakwah di Masjid Kampung Kramat Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo.
Tujuan penelitian dalam skripsi ini adalah 1) untuk mengetahui strategi komunikasi jemaah tablig dalam berdakwah di Kampung Kramat Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo 2) untuk mengetahui faktor pendukung dan menghambat strategi komunikasi jemaah tablig dalam berdakwah di Kampung Kramat Desa Tambelang Kecamatan Krucil Kabupaten Probolinggo. Untuk mengidentifikasi masalah tersebut, peneliti menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini mangambil data dari observasi, wawancara dan dokumentasi. Selanjutnya metode analisis data menggunakan deskriptif dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber.
Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa 1) strategi komunikasi yang digunakan jemaah tablig dalam berdakwah yaitu menggunakan tahapan-tahapan diantaranya: mengenal khalayah, menyusun pesan, menetapkan metode dan pemilihan penggunaan media. 2) adapun faktor pendukungdakwa jemaah tablig adalah tempat masjid, tokoh masyarakat dan takmir, masyarakat yang setuju. Sedangkan faktor penghambat dakwah jemaah tablig adalah hambatan penyampaian pesan, hambatan sematik, dan hambatan internal (sakit hati, tanggung jawab dan media internet).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2002 Cultural Studies > 200204 Cultural Theory
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Indah Indah Nihayati
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:56
Last Modified: 02 Jan 2024 02:56
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31372

Actions (login required)

View Item View Item