Penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan terhadap anak oleh orang tua dalam hukum positif dan hukum islam (Studi Putusan Nomor 183/Pid.Sus/2016/PN.Mam)

Islamiah, Putri Dwi Novia (2023) Penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan terhadap anak oleh orang tua dalam hukum positif dan hukum islam (Studi Putusan Nomor 183/Pid.Sus/2016/PN.Mam). Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Putri Dwi Novia Islamiah_S20194013.pdf

Download (1MB)

Abstract

Anak merupakan salah satu makhluk titipan tuhan yang memiliki hak sebagaimana manusia lainnya. Anak memiliki panutan yaitu orang tua sebab orang tua merupakan unit sosial terkecil dalam masyarakat. Perlakuan orang tua terhadap anak telah diatur dalam perlindungan hukum demi mewujudkan keadilan dalam tindak kekerasan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak. penelitain ini mengambil putusan Nomor 183/Pid.Sus/2016/PN.Mam. Mengenai kekerasan terhadap anak oleh orang tua, yang mana keadilan dan kepastian hukumnya tidak tercapai. Pandangan hukum Islam terhadap kekerasan terhadap anak oleh orang tua masuk pada hifz al-nafh dalam fiqh maqashid syariah yang berkaitan dengan menjaga jiwa serta dapat terhindar dari perbuatan kekerasan yang dapat merugikan diri sendiri dan diri orang lain.

Berdasarkan dalam latar belakang diatas peneliti memiliki fokus penelitian: 1) Apakah penerapan sanksi pidana terhadap pelaku tindak pidana kekerasan terhadap anak oleh orang tua dalam putusan No. 183/Pid.Sus/2016/PN.Mam. telah sesuai dengan ketentuan Undang-undang perlindungan anak?. 2) Bagaimana pandangan hukum islam tentang pelaku tindak pidana kekerasan terhadap anak oleh orang tua dalam hukum pidana islam?.

Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif, dengan menggunakan pendekatan undang-undang (Statute approach), pendekatan kasus (case approach), dan pendekatan konseptual (conceptual approach), sumber bahan hukum menggunakan sumber bahan hukum primer seperti undang-undang, sumber bahan sekunder seperti buku, jurnal, teknis pengumpulan bahan hukum menggunakan kepustakaan, serta teknis analisa bahan hukum menggunakan data kualitatif.

Hasil penelitian ini yaitu 1) penerapan sanksi tindak pidana pelaku kekerasan pada putusan Nomor 183/Pid.Sus/2016/PN.Mam., tidak sesuai karena seharusnya menggunakan pasal 80 ayat 3 dan 4 dalam penghukumannya, yang berlandaskan pada kronologi kasus putusan, teori pemidanaan serta pengaruh pada tujuan hukumnya, sehingga pihak yang diuntungkan adalah pihak pelaku dan yang dirugikan adalah pihak korban. 2) pandangan hukum Islam yang mana pelukaan pada korban dalam hukum Islam disebut dengan Asy-Syijaj dibagian Al-Kharishah dan Al-Jirah dibagian Al-Ja'ifah, penghukuman pada perbuatan tersebut masuk pada jarimah ta'zir terkait pembunuhan, sehingga pemberlakuan tindak kekerasan terhadap anak oleh orang tua masuk pada kategori pemberlakuan syari'at Islam secara substansial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180110 Criminal Law and Procedure (incl. Islamic Criminal Law, Jinayat)
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Pidana Islam
Depositing User: putri dwi novia islamiah
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:12
Last Modified: 02 Jan 2024 02:12
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31375

Actions (login required)

View Item View Item