Implementasi strategi bertahan hidup masyarakat nelayan di kawasan pesisir pantai payangan kecamatan ambulu kabupaten jember

Saputri, Aprilia Cindy (2023) Implementasi strategi bertahan hidup masyarakat nelayan di kawasan pesisir pantai payangan kecamatan ambulu kabupaten jember. Undergraduate thesis, UIN KHAS Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
APRILIA CINDY SAPUTRI_E20192285.pdf

Download (10MB)

Abstract

ABSTRAK
Aprilia Cindy Saputri, Nurul Setianingrum. 2023: Implementasi Strategi Nelayan Modern Dalam Meningkatkan Perekonomian Keluarga di Kawasan Pesisir Pantai Payangan Kecamatan Ambulu Kabupaten Jember

Suatu Strategi dalam perekonomian sangat berpengaruh pada tingat pendapatan yang dicapai oleh para pelaku ekonomi. Suatu strategi sangat penting untuk memberi arahan jangka panjang dari tujuan yang bakal dicapai pelaku ekonomi, dan Membantu pelaku ekonomi untuk beradaptasi serta Menjadikan kinerja pelaku ekonomi lebih efektif dan efisien.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi yang dilakukan nelayan di kawasan pesisir pantai Payangan untuk bertahan hidup?
2) Bagaimana problematika yang dihadapi nelayan di lapangan? 3)Bagaimana strategi nelayan untuk mengatasi problematika yang dihadapi?
Tujuan penelitian ini antara lain adalah: 1) Untuk mengetahui secara deskriptif penerapan strategi nelayan dalam bertahan hidup. 2) Untuk mengetahui seperti apa problematika-problematika yang dihadapi nelayan di lapangan. 3) Untuk mengetahui strategi yang dilakukan nelayan dalam mengatasi problematika- problematika di lapangan.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitan kualitatif deskriptif. sumber data primernya berupa hasil observasi dan wawancara di lapangan melalui snowball sampling, sedangkan sumber data sekunder yaitu menggunakan buku tentang perekonomian nelayan, serta buku-buku bacaan terkait judul penelitian. sumber data tersebut diperoleh dengan cara observasi, wawancara dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisa secara kualitatif deskriptif dan diuji keabsahannya dengan triangulasi sumber.
Adapun kesimpulan dari penelitian ini bahwa: 1) Nelayan di kasawan Pantai Payangan Ambulu memiliki beberapa strategi dalam mempertahankan hidupnya yakni dengan melengapi alat tangkap, karena semakin lengkap alat tangkapnya maka semakin tinggi pula peluang untuk mendapatkan penghasilan yang besar, para nelayan juga memilih menyisihkan sebagian pendapatannya untuk menabung dan investasi 2) Beberapa problematika yang dihadapi nelayan yakni : musim panceklik dan minimnya modal. 3) Untuk menyelesaikan problematika tersebut, nelayan menerapkan beberapa strategi, nelayan memiliki beberapa usaha alternative diluar bekerja sebagai nelayan, yakni memiliki usaha warung makan, peternakan serta pertanian. Disaat kekurangan modal, para nelayan meminjam modal kepada bos darat, atau disebut nelayan kelas pemodal, karena jika meminjam modal kepada bos darat, menerapkan akad Qardh. Jadi nelayan tidak perlu dibebani dengan bunga pinjaman.

Kata kunci : Strategi nelayan

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140102 Macroeconomic Theory
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1604 Human Geography > 160401 Economic Geography
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Miss Aprilia Cindy Saputri
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:06
Last Modified: 02 Jan 2024 03:06
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31381

Actions (login required)

View Item View Item