Peran orang tua dalam mengatasi anak kecanduan game online di kampung blimbingan kendit kabupaten situbondo (studi kasus keluarga bapak fauzi)

humairoh, lailatul (2023) Peran orang tua dalam mengatasi anak kecanduan game online di kampung blimbingan kendit kabupaten situbondo (studi kasus keluarga bapak fauzi). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Lailatul Humairoh D20193078.pdf

Download (2MB)

Abstract

Peran Orang Tua merupakan salah satu peran yang memiliki tujuan untuk memberikan pendidikan, merawat, menjaga, melindungi serta mengajarkan hal yang baik dan benar untuk masa depan anak supaya di masa depannya tidak berbuat hal yang dapat merugikan orang tua, lingkungan sekitar serta bangsa dan negara.
Fokus masalah pada Penelitian ini yaitu: 1) Bagaimana Peran orang tua dalam mengatasi anak yang kecanduan Game Online di Kampung Blimbingan Kendit Situbondo (Studi Kasus Keluarga bapak Fauzi)? 2) Apa saja faktor penyebab anak Kecanduan Game Online di Kampung Blimbingan Kendit Situbondo (Studi Kasus Keluarga Bapak Fauzi)?.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian fiels research (penelitian lapangan). Penelitian ini menggunakan studi kasus yang difokuskan kepada satu keluarga. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Untuk Analisis data ini menggunakan pengumpulan data kondesasi data, penyajian data, penarikan kesimpulan. Sedangkan untuk keabsahan data menggunakan trianggulasi sumber dan teknik.
Hasil Penelitian ini memiliki Kesimpulan : 1) peran orang tua dalam mengatasi atau menangani anak yang kecanduan Game Online sebaiknya lebih diperhatikan lagi terhadap anak yang mengalami, misalnya dalam mengontrol anak saat bermain Game, pola asuh yang diterapkan dijaga supaya anak nyaman dan tidak beralih pada Game Online, selain itu sebagai orang tua juga harus mengajarkan anak supaya lebih mendekatkan diri kepada Allah tidak hanya komunikasi dalam sebuah lingkup keluarga sangatlah penting, komunikasi yang baik akan membuat dampak yang baik, sebaliknya jika komunikasi yang tidak baik akan memberi dampak yang tidak baik terhadap keluarga terutama untuk anak. 2) pengontrolan dari orang tua sebaiknya lebih di tingkatkan lagi terhadap anak, dalam bermain Game atau gadged sebaiknya orang tua harus membatasi. Selain itu lingkungan terutama, orang tua harus mengenal bagaimana lingkungan sekitar yang baik untuk anak, dan sebaiknya tidak membiarkan anak menongkrong atau bermain dengan teman yang salah dan berdampak buruk.

Kata Kunci : peran orang tua mengatasi anak kecanduan game online

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170199 Psychology not elsewhere classified
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1799 Other Psychology and Cognitive Sciences > 179999 Psychology and Cognitive Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Bimbingan dan Konseling Islam
Depositing User: Lailatul Humairoh
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:22
Last Modified: 02 Jan 2024 03:22
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31395

Actions (login required)

View Item View Item