Analisis Kepatuhan Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Lumajang (Studi Kasus Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang).

Sari, Indah Kurnia (2023) Analisis Kepatuhan Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Lumajang (Studi Kasus Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang). Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Indah Kurnia Sari_E20173040

Download (2MB)

Abstract

Indah Kurnia Sari, Nur Alifah Fajariyah, 2023: Analisis Kepatuhan Pajak Usaha Mikro, Kecil dan Menengah di Lumajang (Studi Kasus Desa Kunir Lor, Kecamatan Kunir, Kabupaten Lumajang).
Kata Kunci: Pajak, Kepatuhan
Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan bagi negara. Dimana ketika pendapatan negara terbilang cukup besar, maka akan banyak sarana dan prasarana yang dapat dibangun. Sampai saat ini kepatuhan pajak masih menjadi problem yang belum terselesaikan. Kepatuhan wajib pajak merupakan bentuk dari perilaku taat untuk melakukan hak dan kewajiban perpajakan yang sesuai dengan peraturan perundang-undangan. Kewajiban pajak meliputi mendaftarkan diri, menyetorkan kembali surat pemberitahuan, menghitung dan membayarkan pajak terutang, serta membayar tunggakan. Pelaku usaha dalam kategori UMKM (Usaha Mikro, Kecil dan Menengah) juga merupakan wajib pajak.
Penelitian ini memiliki fokus masalah yaitu : 1) Bagaimana tingkat pemahaman pelaku UMKM terhadap kepatuhan Pajak? 2) Faktor-faktor apa saja yang mempengaruhi pelaku UMKM untuk membayar pajak?
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman pelaku umkm terhadap kepatuhan pajak dan mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi ketaatan pelaku umkm membayar pajak. 1. Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Untuk teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi langsung, dan dokumentasi. Penelitian ini memperoleh kesimpulan Pengetahuan mengenai pajak yang dimiliki oleh masing-masing pelaku usaha masih terbilang rendah dengan kurangnya pemahaman yang dimiliki mengenai pengertian pajak, tata cara perpajakan, dan pembuatan laporan keuangan. 2. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketaatan atau kepatuhan pajak berdasarkan wawancara yang dilakukan oleh peneliti secara langsung adalah tingkat kesadaran dan pemahaman, persepsi terhadap keadilan pajak, faktor eksternal seperti kualitas pelayanan publik, sosialisasi, serta pengawasan dan sanksi.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140104 Microeconomic Theory
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi Syariah
Depositing User: Ms Indah Kurnia Sari Indah
Date Deposited: 02 Jan 2024 02:46
Last Modified: 02 Jan 2024 02:46
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31396

Actions (login required)

View Item View Item