“Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa kelas VII SMP Negeri 14 Jember”

Shodariyah, Wasiatus (2024) “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) Dalam Meningkatkan Pemahaman Tajwid Siswa kelas VII SMP Negeri 14 Jember”. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
WASIATUS SHODARIYAH - T20191015.pdf

Download (47MB)

Abstract

(STAD), Pemahaman Tajwid Siswa
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya pemahaman tajwid pada
siswa Kelas VII SMP Negeri 14 Jember. Terdapat beberapa faktor yang
mempengaruhi kurangnya pemahaman tajwid siswa, pertama: proses
pembelajaran masih menggunakan pola lama, yaitu dengan menggunakan metode
konvensional seperti metode ceramah, tanya jawab, dan guru hanya memberikan
contoh lewat perkataan saja, dan kemudian diberikan tugas. Kedua: banyak
didapati siswa yang sedang tidur, berbicara dengan temannya pada saat kegiatan
belajar mengajar berlangsung. Salah satu alternatif yang diharapkan dapat menjadi
solusi adalah dengan menggunakan metode pembelajaran kooperatif Tipe Student
Teams Achievement Divisions (STAD) yang dapat meningkatkan pemahaman
belajar tajwid siswa serta memperoleh hasil belajar yang memuaskan.
Rumusan masalah dalam skripsi ini adalah apakah model pembelajaran
kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) efektif dalam
meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas VII SMP Negeri 14 Jember?
Adapun tujuan penelitian yang dilakukan oleh peneliti adalah untuk mengetahui
keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement
Divisions (STAD) dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas VII SMP
Negeri 14 Jember.
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian
Quasi Eksperimen dengan rancangan Nonequivalent Control Group Design.
Pengambilan sampel dari populasi menggunakan purposive sampling yaitu kelas
VII A berjumlah 32 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VII B berjumlah 31
siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan pretest dan
postest. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji
independent sample t-test.
Berdasarkan hasil uji-t pada pemahaman tajwid siswa melalui nilai
posttest memiliki nilai signifikansi 0,003 artinya ditolak dan diterima. Dapat
disimpulkan bahwa terdapat keefektifan pembelajaran dengan menggunakan
model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions
(STAD) dalam meningkatkan pemahaman tajwid siswa kelas VII SMP Negeri 14
Jember.

Kata Kunci : Pembelajaran Kooperatif, Student Teams Achievement Divisions

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
Depositing User: ms wasiatus shodariyah
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:00
Last Modified: 02 Jan 2024 03:00
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31400

Actions (login required)

View Item View Item