PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK SILABANGO PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS XI DI SMA NEGERI ARJASA JEMBER

Ramiati, Riza (2023) PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA PESERTA DIDIK BERBASIS ETNOMATEMATIKA BATIK SILABANGO PADA MATERI BARISAN DAN DERET ARITMETIKA KELAS XI DI SMA NEGERI ARJASA JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Riza Ramiati_T20197114.pdf

Download (24MB)

Abstract

Kata kunci: lembar kerja peserta didik, etnomatematika, batik silabango, barisan
dan deret aritmetika.
Lembar kerja peserta didik ini merupakan bahan ajar yang berupa lembaran yang berisi materi dan petunjuk pengerjaan tugas sebagai fasilitator dalam berlangsungnya proses pembelajaran. Dalam hal ini peneliti mengembangkan bahan ajar LKPD berbasis etnomatematika yang dapat digunakan pendidik dan peserta didik dalam proses pembelajaran.
Tujuan penelian ini ialah: 1) Mendeskripsikan kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika Batik Silabango pada materi barisan dan deret aritmetika Kelas XI di SMA Negeri Arjasa Jember, 2) Mendeskripsikan kepraktisan kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika Batik Silabango pada materi barisan dan deret aritmetika Kelas XI di SMA Negeri Arjasa Jember, 3) Mendeskripsikan keefektifan kevalidan lembar kerja peserta didik berbasis etnomatematika Batik Silabango pada materi barisan dan deret aritmetika Kelas XI di SMA Negeri Arjasa Jember.
Penelitian ini menggunakan model ADDIE (analysis, design, development, implementation and evaluation). Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, angket, dan pre-test dan post-test. Subjek penelitian ini terdiri dari 6 siswa untuk skala kecil dan 33 siswa untuk skala besar. Sedangkan untuk teknik analisis data adalah teknik analisis data kevalidan, kepraktisan, dan keefektifan.
Hasil penelitian pengembangan menunjukkan bahwa: 1) Kevalidan memperoleh nilai rata-rata persentase ahli materi sebesar 94% yang dikategorikan “sangat valid”, ahli desain sebesar 92% yang dikategorikan “sangat valid”, dan ahli budaya sebesar 84% yang dikategorikan “valid”. 2) Kepraktisan diperoleh nilai rata-rata persentase respon guru sebesar 97,3% yang dikategorikan “sangat praktis” dan nilai rata-rata persentase respon siswa sebesar 82% yang dikategorikan “sangat praktis”. 3) Kefektifan diperoleh dari uji N-Gain dengan skor rata-rata persentase sebesar 77,3195% yang dikategorikan “efektif”. Berdasarkan ketiga hasil tersebut maka Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Etnomatematika Pada Materi Barisan dan Deret Aritmetika Kelas XI di SMA Negeri Arjasa Jember dapat dikatakan layak digunakan dalam proses pembelajaran.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms RR Riza Ramiati
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:33
Last Modified: 02 Jan 2024 04:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31406

Actions (login required)

View Item View Item