Strategi pemasaran melalui e-commerce dalam meningkatkan penjualan produk kosmetik "kireina beauty" Di desa tegalbesar kaliwates jember.

Muafiq alfaini, Wuzdan (2024) Strategi pemasaran melalui e-commerce dalam meningkatkan penjualan produk kosmetik "kireina beauty" Di desa tegalbesar kaliwates jember. Undergraduate thesis, UIN Khas jember.

[img] Text
WUZDAN MUAFIQ ALFIANI_E20182294.pdf

Download (4MB)

Abstract

Wuzdan Muafiq Alfaini, Nurul Setianingrum 2023: Strategi Pemasaran Melalui E-Commerce Dalam Meningkatkan Penjualan Produk Kosmetik “Kireina Beauty” Di Desa Tegal Besar Kaliwates Kabupaten Jember.
Strategi pemasaran yang digunakan oleh para pelaku usaha untuk memasarkan produknya melalui media social bermacam-macam. Hal ini menimbulkan persaingan usaha dan bisnis semakin tinggi diantara para pelaku usaha, sebab calon pembeli mempunyai banyak pilihan tempat untuk berbelanja. Oleh karna itu pelaku bisnis diharap mampu menciptakan inovasi yang lebih dalam memasarkan produknya melalui media social untuk menarik perhatian pelanggan. Perusahaan harus mampu merancang strategi pemasaran yang efektif sehingga konsumen memberi respon yang positif terhadap produk.
Fokus masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana pelaksanaan pelaksanaan strategi pemasaran yang dikembangkan oleh perusahaan Kireina Beauty?. 2) Bagaimana manfaat social media dan e-commerce dalam usaha meningkatkan penjualan produk kosmetik Kireina Beauty?. Tujuan penelitian ini adalah : 1) untuk mendeskripsikan strategi pemasaran melalui kualitas pelayanan dalam meningkatkan kepuasan konsumen di toko kireina beauty. 2) Untuk mendeskripsikan manfaat social media dan e-commerce dalam usaha meningkatkan penjualan produk kosmetik Kireina Beauty.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, menggunakan teknik pendekatan kualitaif deskriptif. Adapun teknik penggumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan tringulasi teknik. Untuk menganalisis data melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil dari penelitian ini terbagi menjadi dua. Pertama, Kireina Beauty melaksanakan strategi pemasaran berdasarkan bauran pemasaran yang berfokus pada empat aspek yaitu Produk (Product): kualifikasi dan kriteria produk yang sangat bagus. Harga (Price). Tempat (Place. Promosi (Promosi): promosi dilakukan dengan cara konvensional daan memanfaatkan marketplace dan media social jasa endorsement untuk mengenalkan produknya melalui seorang influencer media sosial. Kedua, Manfaat media sosial dan e-commerce dalam usaha meningkatkan pejualan produk Kireina Beauty tersebutkan menjadi empat yaitu; a) Promosi menjadi lebih mudah dan efektif: b) Terjalinnya komunikasi yang lancar dan leluasa c) Perusahaan dapat melihat trend yang sedang ramai, d) Selain itu, dengan adanya e-commerce memudahkan untuk distribusi suatu produk. Kireina juga memaksimalkan penggunaan media sosial dengan menyewa jasa endorsemen sebagai media promosi.
Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Media Sosial, E-commerce, Peningkatan Penjualan Produk

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1401 Economic Theory > 140199 Economic Theory not elsewhere classified
Depositing User: Mr Wuzdan muafiq alfaini Alfaini
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:36
Last Modified: 02 Jan 2024 03:36
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31418

Actions (login required)

View Item View Item