ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA BIBIT BUAH ALPUKAT PADA UD. JAYA MAKMUR TANI DESA KARANGSONO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER

Afkarina, Izza (2023) ANALISIS STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA BUDIDAYA BIBIT BUAH ALPUKAT PADA UD. JAYA MAKMUR TANI DESA KARANGSONO KECAMATAN BANGSALSARI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, Uin kh achmad siddiq jember.

[img] Text
IZZA AFKARINA_E20192291.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Izza Afkarina, H. Saihan, S.Ag. : Analisis Strategi Pengembangan Usaha Budidaya Bibit Buah Alpukat Pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember

Kata Kunci : Analisis, Strategi Pengembangan Usaha, Budidaya.

Usaha budidaya pembibitan pada UD. Jaya Makmur Tani di Desa Karangsono merupakan usaha yang dikelola para petani setempat secara perorangan yang memanfaatkan lahan dipekarangan rumah sendiri dan juga lahan sawah. Hal itu tentunya dilakukan untuk menunjang perkembangan usaha dan meningkatkan produktifitas bibit buah alpukat.
Fokus penelitian yang diteliti dalam penelitian ini yaitu : 1) Strategi pengembangan usaha budidaya bibit buah alpukat pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ? 2) Hambatan dan tantangan usaha budidaya bibit buah alpukat pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember ?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui pengembangan usaha budidaya bibit buah alpukat pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember. 2) Untuk mengetahui hambatan dan tantangan budidaya bibit buah alpukat pada UD. Jaya Makmur Tani Desa Karangsono Kecamatan Bangsalsari Kabupaten Jember.
Dalam menjawab fokus penelitian, maka penyusunan skripsi ini menggunakan metode pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian yang bersifat deskriptif, yaitu jenis penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengeksplorasi dan mengklarifikasi mengenai fenomena atau kejadian pada masa sekarang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan wawancara. Data yang telah diperoleh kemudian dianalisis secara kualitatif deskriptif, menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik dalam menguji keabsahan data.
Kesimpulan : 1) Pada UD. Jaya Makmur Tani ini dengan beberapa aspek pengembangan usaha yang dapat meningkatkan produktifitas secara bertahap walaupun tidak signifikan, seperti aspek produksi dan aspek pasar terutama dari segi produk dengan kualitas yang bagus, penetapan harga yang relatif terjangkau dan tempat yang strategis. 2) Petani bibit buah alpukat UD. Jaya Makmur Tani dihadapkan dengan beberapa hambatan dan tantangan yang ada yakni kurangnya modal usaha, adanya serangan hama dan penyakit, iklim dan cuaca yang sulit diprediksi dan daya saing yang menyebabkan menurunnya produktifitas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140218 Urban and Regional Economics
Depositing User: Miss Izza Afkarina
Date Deposited: 02 Jan 2024 04:19
Last Modified: 02 Jan 2024 04:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31419

Actions (login required)

View Item View Item