EFEKTIVITAS POS BANTUAN HUKUM DI PENGADILAN AGAMA SINGARAJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT TIDAK MAMPU

Ardelia, Fitriyanti (2024) EFEKTIVITAS POS BANTUAN HUKUM DI PENGADILAN AGAMA SINGARAJA DALAM MEMBERIKAN PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT TIDAK MAMPU. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
ARDELIA RAMADHANI FITRIYANTI_S20191086-1.pdf

Download (4MB)

Abstract

Pos bantuan hukum Pengadilan Agama Singaraja ada sejak tahun 2022 dan bekerjasama dengan LBH Yayasan Barisan Rakyat Merdeka yang bertujuan untuk memberikan layanan kepada masyarakat tidak mampu khususnya di Kabupaten Buleleng. Jenis layanannya berupa pemberian konsultasi hukum, advis hukum, informasi hukum dan pembuatan dokumen hukum secara gratis. Perkara yang dilayani yaitu perkawinan, perceraian, perwalian, dan waris.
Fokus penelitian skripsi ini yakni: 1) Bagaimana pelaksanaan posbakum Pengadilan Agama Singaraja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak mampu? 2) Bagaimana efektivitas posbakum Pengadilan Agama Singaraja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak mampu menurut teori efektivitas Soerjono Soekanto?
Tujuan dijalankannya penelitian ini yakni: 1) Untuk mengetahui terkait pelaksanaan posbakum Pengadilan Agama Singaraja dalam memberikan pelayanan terhadap masyarakat tidak mampu. 2) Untuk mengetahui terkait efektivitas posbakum Pengadilan Agama Singaraja dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat tidak mampu menurut teori efektivitas Soerjono Soekanto.
Penelitian ini menerapkan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif analitis. Penulis juga menggunakan pendekatan yuridis sosiologis, pendekatan ini dapat dipergunakan dalam meneliti efektivitas bekerjanya hukum pada masyarakat. Menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Teknik analisis data menggunakan metode reduksi data, penyajian data, dan simpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) Posbakum Pengadilan Agama Singaraja memberikan layanan kepada masyarakat tidak mampu berupa layanan informasi hukum, konsultasi hukum, advis hukum, dan pembuatan dokumen hukum secara gratis. 2) Efektivitas layanan posbakum di Pengadilan Agama Singaraja dengan teori efektivitas Soerjono Soekanto sebagai tolak ukur. Posbakum telah sesuai dengan Perma nomor 1 tahun 2014 namun masih terdapat beberapa pasal yang belum terlaksana dengan baik. Ditemukan kekurangan dalam pemberian layanan oleh petugas posbakum seperti proses pembuatan dokumen hukum yang lama dan salah. Sarana dan fasilitas yang disediakan sudah sangat memadai. Masyarakat menjadi penghambat pemberian layanan posbakum ketika mereka bertele-tele dalam menyampaikan kronologi serta lambat dalam melengkapi berkas yang diperlukan. Terjadi suatu perubahan pandangan ke arah positif sebelum dan setelah masyarakat menerima layanan posbakum, mulanya masyarakat merasa takut dan menganggap mereka yang tidak mampu tidak akan mendapatkan pelayanan yang baik ketika berperkara di pengadilan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1899 Other Law and Legal Studies > 189999 Law and Legal Studies not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Syariah > Ahwal As-Syakhsyiyyah
Depositing User: Ardelia Ramadhani Fitriyanti
Date Deposited: 02 Jan 2024 03:55
Last Modified: 02 Jan 2024 03:55
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31423

Actions (login required)

View Item View Item