Dhikir dalam Ritual Keagamaan Thariqah At Tijaniyah: Studi Living Qur'an di Pondok Pesantren Ihyaa'us Salaf Langsepan Rowo Indah Ajung Jember

Sa'diyah, Habibatus (2023) Dhikir dalam Ritual Keagamaan Thariqah At Tijaniyah: Studi Living Qur'an di Pondok Pesantren Ihyaa'us Salaf Langsepan Rowo Indah Ajung Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
Habibatus Sa'diyah water mark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Dhikir dalam ritual keagamaan Thariqah At Tijaniyah yang ada di Pondok Pesantren Ihyaaus Salaf. Praktik ini termasuk dalam ranah Living Quran karena landasan ayat yang digunakan jamaah dalam mengikuti ajaran Thariqah At Tijaniyah adalah ayat-ayat dhikir dalam al-Quran sebagaimana yang diungkapkan jamaah Thariqah At Tijaniyah. Thariqah berasal dari bahasa arab yaitu t}ariq yang berarti jalan, cara atau metode dalam berdhikir kepada Allah. Dalam Thariqah At Tijaniyah terdapat beberapa wirid yang harus diamalkan secara istiqomah, diantaranya ada wirdu la>zimah yang wajib dibaca dua kali dalam sehari yakni pagi dan sore. Wirdu waz}i>fah dibaca satu kali dalam sehari, h}ailalah dibaca satu kali dalam satu minggu setiap hari jumat setelah sholat ashar, sebagaimana yang dipraktikkan jamaah di Pondok Pesantren Ihyaaus Salaf, Dusun Langsepan, Desa Rowo lndah, Ajung, Jember.
Fokus Masalah yang diteliti dalam skripsi ini ialah: 1) Ayat apa yang menjadi landasan motivasi jamaah Thariqah At Tijaniyah untuk melakukan dhikir Thariqah At Tijaniyah? 2) Bagaimana pelaksanaan tradisi dhikir jamaah Thariqah At Tijaniyah di Pondok Pesantren lhyaaus Salaf Langsepan, Rowo lndah, Ajung, Jember?
Tujuan Penelitian ini adalah: 1) Untuk menjelaskan ayat yang menjadi landasan motivasi jamaah Thariqah At Tijaniyah melakukan dhikir. 2) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan tradisi dhikir jamaah Thariqah At Tijaniyah di Pondok Pesantren Ihyaaus Salaf Langsepan, Rowo lndah, Ajung, Jember.
Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research). Data dalam penelitian ini dikumpulkan dari sumber premier dan sumber sekunder yang kemudian dilakukan analisis data dengan menggunakan metode living Quran yang bersifat deskriptif-analitis. Menjelaskan ayat al-Quran yang dijadikan dalil sandaran jamaah dalam melaksanakan dhikir, menganalisis ayat dari kitab tafsir, menelusuri Asbab Nuzul, dan pemahaman jamaah memilih ayat tersebut dijadikan dalil atas pelaksanaan dhikir Thariqah At Tijaniyah.
Hasil kesimpulan dari penelitian ini ialah: 1). Jamaah Thariqah At Tijaniyah di Pondok Pesantren lhyaaus salaf memiliki landasan ayat dalam mengamalkan dhikir. 2) Pelaksanaan Dhikir Thariqah At Tijaniyah di Pondok Pesantren Ihyaaus Salaf merupakan salah satu praktik dhikir yang berlandaskan pada al-Quran. Dhikir ini dilaksanakan satu kali dalam satu minggu setiap hari jumat setelah ashar di Pondok Pesantren Ihyaaus Salaf.
Kata kunci:Dhikir, living Qur'an, Thoriqoh At Tijaniyah

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Ms Habibatus Sa'diyah
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:09
Last Modified: 02 Jan 2024 07:09
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31425

Actions (login required)

View Item View Item