KEUTAMAAN MENGHADIRI MAJELIS TA’LIM, DZIKIR, DAN SHOLAWAT (STUDI LIVING HADIS PADA MAJELIS AGUNG SHOLAWAT MAULID AL-HABSYI SENIN LEGI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK AS-SHIDDIQI BALUNG JEMBER)

habibullah, achmad luqman (2023) KEUTAMAAN MENGHADIRI MAJELIS TA’LIM, DZIKIR, DAN SHOLAWAT (STUDI LIVING HADIS PADA MAJELIS AGUNG SHOLAWAT MAULID AL-HABSYI SENIN LEGI PONDOK PESANTREN AL-MUBAROK AS-SHIDDIQI BALUNG JEMBER). Undergraduate thesis, UIIN KHAS JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI ACHMAD LUQMAN HABIBULLAH-1.pdf

Download (2MB)

Abstract

Achmad Luqman Habibullah, 2023: “Keutamaan Menghadiri Majelis Taklim, Dzikir dan Sholawat (Studi Living Hadits pada Majelis Agung Sholawat Maulid Al-Habsy Malam Senin Legi Pondok Pesantren Al-Mubarok As-Shiddiqi Balung Jember)”
Kata Kunci: Keutamaan Hadir Majelis Ta’lim, Majelis Dzikir, Majelis Sholawat.
​Keutamaan menghadiri majelis Ta’lim, Dzikir dan Sholawat merupakan amal ibadah yang memiliki faidah-faidah didalamnya. Salah satu problematika yang terjadi dimasyarakat minimnya pengetahuan tentang keutamaan menghadiri majelis Ta’lim, Dzikir dan Sholawat sehingga masyarakat enggan untuk menghadirinya. Hadis Nabi menjadi tolak ukur untuk mengetahui keutamaan menghadiri majelis ta’lim, dzikir dan sholawat. Adanya dua pandangan dalam keutamaan menghadiri majelis ta’lim, dzikir dan sholawat pada fenomena konstruksi sosial menjadikan peneliti tertarik untuk mendalaminya.
​Fokus Penelitian yang dibahas: pertama, Bagaimana status dan kualitas hadis tentang keutamaan hadir Majelis Ta’lim, Dzikir, dan Sholawat dalam Majelis Agung Sholawat Maulid Al-Habsyi malam Senin legi Pondok Pesantren Al-Mubarok As-Shiddiqi Balung?, Kedua Bagaimana implementasi hadis keutamaan hadir majelis Ta’lim, Dzikir dan Sholawat dalam Majelis Agung Sholawat Maulid Al-Habsyi malam Senin legi Pondok Pesantren Al-Mubarok As-Shiddiqi Balung?
Jenis Penelitian ini adalah kualitatif yakni penelitian lapangan (Field Research). Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Menggunakan konsep analisis induksi, interpretasi, konseptualisasi. Triangulasi data yang digunakan adalah triangulasi sumber data.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah status dan kualitas hadis tentang menghadiri majelis ta’lim, dzikir dan sholawat yang digunakan dalam penelitian ini merupakan hadis yang S{ah}ih sanadnya bersambung, diriwayatkan oleh perawi yang adil dan dhabit hingga akhir sanad tidak ada kejanggalan dan berillat. Pemahaman masyarakat tentang keutamaan menghadiri majelis ta’lim, dzikir dan sholawat bahwasannya terdapat berbagai macam pemahaman masyarakat terkait keutamaan menghadiri majelis ta'lim dzikir dan sholawat, sehingga lahirlah sebuah pemahaman dikalangan masyarakat bahwasannya menghadiri majelis terdapat banyak faidah dan keutamaan yang diperoleh hal ini sesuai dengan sabda rasulullah dalam hadis (S{ah}ih Al-Muslim, hadis nomor 4873. Sunan Ibn Majah hadits nomor 221. Musnad Ahmad bin Hanbal hadits nomor 7248).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160799 Social Work not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Achmad luqman habibullah
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:24
Last Modified: 02 Jan 2024 07:24
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31428

Actions (login required)

View Item View Item