Fungsi Pendidikan Non Formal dalam Upaya Menangkal Paham Radikalisme (Studi Terhadap Organisasi Rijalul Ansor di Kecamatan Srono Banyuwangi)

Rofiudin, M. Rizal (2023) Fungsi Pendidikan Non Formal dalam Upaya Menangkal Paham Radikalisme (Studi Terhadap Organisasi Rijalul Ansor di Kecamatan Srono Banyuwangi). Masters thesis, Uin Kh achmad siddiq Jember.

[img] Text
! Tesis M Rizal, Fiks.pdf

Download (2MB)

Abstract

M Rizal Rofiudin, 2023. Fungsi Pendidikan Non Formal Dalam Upaya Menangkal
Paham Radikalisme (Studi Terhadap Organisasi Rijalul Ansor Di
Kecamatan Srono Banyuwangi)
.Kata kunci: Pendidikan Non Formal, Radikalisme
Radikalisme merupakan istilah yang digunakan dikalangan
akademisi untuk menunjukkan faham yang bertentangan dengan ideologi
yang di anut oleh bangsa Indonesia yaitu pancasila, banyak hal yang
melatarbelakangi munculnya radikalisme di Indonesia dan hampir secara
keseluruhan penyebab utama dari aksi radikalisme adalah ketidaksiapan
kelompok tersebut untuk menerima perbedaan yang ada dilingkungan
sekitarnya, dalam hal beragama kaum radikal dapat diidentifikasi dari
cara pandang mereka dalam memahami agama.
Adapun yang menjadi fokus penelitian ini adalah: Bagaimana
Fungsi Pendidikan Non Formal Dalam Upaya Menangkal Faham
Radikalisme di Kecamatan Srono Banyuwangi Melalui Organisasi Rijalul
Ansor? Bagaimana implementasi pendidikan non formal dalam menangkal
paham radikalisme agama melalui organisasi Rijalul Ansor di kecamatan
srono?
Tujuan penelitian ini Untuk Menganalisis Fungsi Pendidikan Non
Formal Dalam Upaya Menangkal Faham Radikalisme di Kecamatan Srono
Banyuwangi. Untuk Menganalisis implementasi pendidikan non formal dalam
menangkal paham radikalisme agama melalui organisasi Rijalul Ansor di
kecamatan Srono.
Teori dalam penelirtian ini menggunakan teori Menurut John L.
Esposito Istilah “fundamentalisme” biasanya dipakai baik oleh kalangan
akademis maupun media masa untuk merujuk kepada gerakan-gerakan
islam politik yang berkonotasi negatif seperti radikal. Pendekatan
menggunakan yaitu kualitatif dan jenis penelitian studi lapangan. Lokasi
penelitian ini di organisasi Rijalul Ansor Kecamatan Srono Banyuwangi.
Penentuan informan menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi aktif, wawancara semi struktur dan dokumentasi.
Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif teori
Matthew B. Miles, yaitu: kondensasi data, menyajikan data, menarik kesimpulan
atau verifikasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber, triangualasi
teknik dan member check (pengecekan anggota).
Hasil penelitian fungsi pendidikan nonformal dalam menangkal paham
radikalisme dengan (1) menanamkan pendidikan pancasila dengan kajian
selapanan, (2) menanamkan paham nasionalisme dengan bertawasul kepada
para pahlawan (3) memberikan pemahaman agama yang damai dan toleran
melalui pengajian kitab risalah Aswaja karya KH Hasyim Asy’ari dan (4)
mengkonstruksi ayat alqur’an tentang moderasi beragama adapun
implementasi nya dengan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi program
kerja organisasi rijalul ansor.

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1601 Anthropology > 160101 Anthropology of Development
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: M Rizal Rofiudin
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:11
Last Modified: 02 Jan 2024 07:11
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31430

Actions (login required)

View Item View Item