Peran P2TP2A pada program ruang rindu terhadap penanggulangan KDRT dalam keluarga di kabupaten banyuwangi

farida, fani (2023) Peran P2TP2A pada program ruang rindu terhadap penanggulangan KDRT dalam keluarga di kabupaten banyuwangi. Undergraduate thesis, UIN KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
NEW FANI_FARIDA_S20191064_revisiiii LAGI lagiiiiiiiiii.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dalam sebuah rumah tangga pasti mengalami pertikaian kecil ataupun besar, seperti yang sering kita jumpai adalah adanya kekerasan dalam rumah tangga yang di lakukan laki laki terhadap perempuan dan anak, hal itu di sebabkan karena beberapa faktor diantaranya ekonomi,perselingkuhan dan lain lain. Bentuk KDRT yaitu kekerasan fisik, kekerasan psikis, kekerasan seksual dan penelantaran rumah tangga. Adanya Ruang Rindu yang bertujuan melindungi korban akibat kekerasan dalam rumah tangga.
Fokus penelitian ini adalah 1.) Apa yang melatarbelakangi adanya P2TP2A pada program Ruang Rindu terhadap penanggulangan KDRT dalam keluarga di Kabupaten Banyuwangi. 2) Bagaimana peran P2TP2A pada program Ruang Rindu terhadap penanggulangan KDRT dalam keluarga di Kabupaten Banyuwangi?
Tujuan penelitian ini adalah 1). Untuk mengetahui latar belakang adanya P2TP2A pada program Ruang Rindu terhadap penanggulangan KDRT dalam keluarga di Kabupaten Banyuwangi.2). Untuk mengetahui peran P2TP2A pada program Ruang Rindu terhadap penanggulangan KDRT dalam keluarga di Kabupaten Banyuwangi.
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian yuridis empiris dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan sosiologi hukum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian analisis data yang digunakan adalah reduksi data, sajian data, dan penarikan kesimpulan.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa : 1 Terbentuknya Ruang Rindu adalah salah satu pengembangan layanan dari P2TP2A yang berdiri pada tanggal 21 april 2021, adanya Ruang Rindu ini karena tingginya angka kekerasan sesuai dengan data yang ada, seperti pada tahun 2021 sampai 2022 kekerasan tertinggi adalah kekerasan fisik dengan total 33, dan jumlah paling sedikit adalah kekerasan seksual dengan total 10. 2. Memberikan layanan berupa, Mediasi, Visum, bantuan hukum, sosialisasi, dan pemberdayaan ekonimi berupa bantuan alat usaha.

kata kunci: KDRT, ruang rindu, keluarga

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180113 Family Law
18 LAW AND LEGAL STUDIES > 1801 Law > 180114 Human Rights Law
Divisions: Fakultas Syariah > Hukum Keluarga
Depositing User: Ms Fani Farida
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:19
Last Modified: 02 Jan 2024 07:19
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31431

Actions (login required)

View Item View Item