METODE KOMUNIKASI DAKWAH DAN FUNGSI PENYULUH AGAMA DALAM MEMINIMALISASI PERNIKAHAN DINI DI KUA KECAMATAN TONGAS

Titin, Suprihatin (2023) METODE KOMUNIKASI DAKWAH DAN FUNGSI PENYULUH AGAMA DALAM MEMINIMALISASI PERNIKAHAN DINI DI KUA KECAMATAN TONGAS. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
TITIN SUPRIHATIN _D20191121.pdf

Download (2MB)

Abstract

Titin Suprihatin, 2023: Metode Dakwah dan Fungsi Penyuluh Agama dalam Meminimalisasi Pernikahan Dini di KUA Tongas

Kata Kunci: metode komunikasi dakwah, fungsi penyuluh, pernikahan dini Pernikahan umumnya dilaksanakan oleh seorang laki-laki dan perempuan
yang sudah berusia dewasa. Namun, ada beberapa anak yang masih remaja yang ingin membina rumah tangga ketika usianya belum dewasa, fenomena ini dinamakan pernikahan dini. Orang yang masih muda cenderung mempunyai pikiran yang masih labil. Mereka dinilai tidak bisa bertindak dan siap untuk membina keluarga. Banyak sekali problem yang akan terjadi pada remaja yang melakukan pernikahan dini. Melalui pesan dakwah menggunakan berbagai macam metode komunikasi dakwah, penyuluh bisa memberikan dakwah kepada masyarakat Tongas terkait apa saja dampak pernikahan dini.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimanakah metode komunikasi dakwah penyuluh dalam meminimalisasi pernikahan dini di KUA Kecamatan Tongas?. 2)Apa saja fungsi penyuluh agama dalam meminimalisasi pernikahan dini di KUA Kecamatan Tongas?. 3) Apa saja faktor pendukung dan penghambat dakwah penyuluh agama dalam meminimalisasi pernikahan dini di KUA Kecamatan Tongas?
Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mengetahui bagaimana metode komunikasi dakwah penyuluh dalam meminimalisasi pernikahan dini di KUA Kecamatan Tongas. 2) Untuk mengetahui fungsi penyuluh agama dalam meminimalisasi pernikahan dini di KUA Kecamatan Tongas. 2) Untuk mengetahui faktor pendukung dan penghambat penyuluh agama dalam meminimalisasi pernikahan dini di KUA Kecamatan Tongas.
Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, sedangkan jenis penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi teknik.
Deskripsi hasil dari penelitian ini adalah: metode komunikasi dakwah dan fungsi penyuluh dalam meminimalisasi pernikahan dini, a) metode ceramah, b) metode diskusi. Fungsi penyuluh yang diterapkan adalah a) fungsi informatif dan edukatif, b) fungsi konsultatif, c) fungsi advokatif. Faktor penyebab pernikahan dini adalah, faktor intenal meliputi: a) pendidikan, b) dewasa sebelum waktunya,
c) telah melakukan hubungan biologis, d) hamil sebelum nikah, faktor eksternal meliputi: a) orangtua, b) lingkungan, c) ekonomi, d) media massa dan internet, e) faktor adat dan budaya. Faktor pendukung dakwah meliputi: a) pemahaman yang rinci, b) keimanan yang dalam, c) kecintaan yang kokoh, d) kesadaran yang sempurna, e) kerja yang kontinu. Faktor penghambat adalah, faktor internal: a) mad‟u. Faktor eksternal: a) media dakwah, b) pihak pihak diluar umat islam.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200105 Organisational, Interpersonal and Intercultural Communication
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Komunikasi dan Penyiaran Islam
Depositing User: Titin Titin Titin
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:16
Last Modified: 02 Jan 2024 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31437

Actions (login required)

View Item View Item