INOVASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS EDUTAIMENT MELALUI METODE ICE BREAKING KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Sholiha, Putri ayu (2023) INOVASI PEMBELAJARAN GURU PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS EDUTAIMENT MELALUI METODE ICE BREAKING KELAS VIII TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, Universitas islam negeri kiai achmad Siddiq Jember.

[img] Text
PUTRI AYU SHOLEHA_T20191034.pdf

Download (7MB)

Abstract

Pembelajaran sekarang ini banyak dirancang agar dapat menimbulkan kesan yang menyenangkan dan menarik. Metode dapat mempengaruhi proses pembelajaran. salah satu metode yang bisa digunakan agar peserta didik tidak lagi bosan saat belajar yaitu menggunakkan edutainment melalui metode ice breaking karena di dalam proses pelajaran ini tidak hanya belajar saja melainkan bermain dan hiburan. Yang dimana pembelajaran ini memberikan kesempatan kepada peserta didik untuk telibat dan menikmati proses pembelajaran yang kondusif dengan pembelajaran yang enjoy dan menyenangkan.Fokus penelitian yang dilakukan peneliti dalam skripsi ini adalah : 1) Bagaimana Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam Berbasis Edutainment siswa kelas VIII SMPN 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ? 2) Bagaiaman Teknik Penggunaan Ice Breaking siswa kelas VIII SMPN 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024 ?
Tujuan dalam penelitian ini adalah : 1) Untuk Mendeskripsikan Inovasi Pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam berbasis edutainment kelas VIII SMPN 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024, 2) Untuk mendeskripsikan teknik penggunaan ice breaking siswa kelas VIII SMPN 14 Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Teknik purposive. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan analisis yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles dan Huberman yaitu reduksi data, dan penarikan kesimpulan. Pengujian keabsahan data pada penelitian ini menggunakan teknik trianggulasi sumber dan trianggulasi teknik.
Penelitian ini memperoleh hasil bahwa : 1) edutainment yang digunakan di SMP Negeri 14 Jember yaitu humanizing the classroom , active learning, dan quantum teaching . humanizing the classroom guru memperlakukan peserta didik sesuai dengan karakteristik masing-masing, membuat pembelajaran yang menyenangkan. adapun aktive learning yaitu guru menggunakan cara pembelajaran yang memungkinkan peserta didik ini dapat aktif,efektif, interaktif, menarik dan menyenangkan dalam pembelajaran. dan quantum teching guru pendidikan agama Islam menggunakan cara mengubah suasana yang monoton, bosan menjadi meriah dan menyenangkan. 2) pelaksanaan pembelajaran Guru Pendidikan Agama Islam menggunakan teknik penggunaan ice breaking melalui tiga tahap, yaitu : pendahuluan, inti dan penutup.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2001 Communication and Media Studies > 200199 Communication and Media Studies not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2201 Applied Ethics > 220199 Applied Ethics not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Putri ayu Sholiha
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:14
Last Modified: 02 Jan 2024 07:14
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31440

Actions (login required)

View Item View Item