STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK DAN NON AKADEMIK MADRASAH ALIYAH AL-QODIRI JEMBER

Safitri, Zulul (2024) STRATEGI KEPALA MADRASAH DALAM MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKADEMIK DAN NON AKADEMIK MADRASAH ALIYAH AL-QODIRI JEMBER. Undergraduate thesis, Fakultas tarbiyah dan ilmu keguruan.

[img] Text
hard.pdf

Download (3MB)

Abstract

Keberhasilan sekolah dalam meraih prestasi di berbagai bidang dan tingkatan daerah adalah tugas dan tanggung jawab semua pihak, namun yang terpenting adalah bagaimana kepala sekolah sebagai seorang pemimpin mengelola dengan efektif dan efisien. Dalam melakukan proses kepemimpinanya, tentunya terdapat strategi-strategi yang dilakukan oleh kepala sekolah sebagai pimpinan yang ada di sekolah dalam rangka meningkatkan prestasi-prestasi siswa sebagai salah satu indikator keberhasilan pengelolaan sekolah.

Fokus dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimana perumusan strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar akademik dan non akademik madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember? 2) Bagaimana implementasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar akademik dan non akademik madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember? 3) Bagaimana evaluasi strategi kepala madrasah dalam meningkatkan prestasi belajar akademik dan non akademik madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember?

Tujuan penelitian ini adalah: untuk mendeskripsikan startegi kepala madrasah yang berupa perumusan, implementasi, dan evaluasi dalam meningkatkan prestasi belajar akademik dan non akademik Madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember.

Untuk mengidentifikasi permasalahan tersebut, penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analis datanya dilakukan dari tahap pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan triangulasi sumber.

Penelitian ini memperoleh kesimpulan 1) Perumusan Strategi di madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember ditetapkan melaui rapat kerja tahunan dengan waka kurikulum, tim penjamin mutu, perumusannya sesuai dengan visi misi, analisa faktor internal dan eksternal; 2) Implementasi di madrasah Aliyah Al-Qodiri Jember meliputi kelas intensif SAINS, tilawah, ekonomi, dan tartil Quran dan estrakulikuler. 3) Evaluasi di madarasah Aliyah Al-Qodiri Jember melaui hasil rapat tahunan, program yang dijalankan, serta umpan balik dengan orang tua siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130101 Continuing and Community Education
Depositing User: Siti zulul Safitri
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:37
Last Modified: 04 Jan 2024 02:37
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31441

Actions (login required)

View Item View Item