PENERAPAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIZ AL-QUR’AN PADA ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN

rahmat, basofi (2023) PENERAPAN KEGIATAN EKSTRAKURIKULER TAHFIZ AL-QUR’AN PADA ANAK TUNANETRA DI SEKOLAH LUAR BIASA NEGERI BRANJANGAN. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
BASOFI RAHMAT_T20191290.pdf

Download (4MB)

Abstract

Kata kunci : Kegiatan Ekstrakurikuler, Tahfidz Al-Qur’an, Anak Tunanetra
Berdasarkan fakta yang penulis temui di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan, Jember, terdapat suatu hal yang menarik terkait pembelajaran pendidikan agama islam, yakni kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an pada anak berkebutuhan khusus (tunanetra) dengan menggunakan media Al-Qur’an Braille. Penulis tertarik dengan keunikan yang ada pada lokasi penelitian ini karena Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember merupakan satu-satunya sekolah luar biasa negeri di Jember yang mengadakan kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an. Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan, Jember merupakan salah satu sekolah yang memberikan pendidikan bagi penyandang tunanetra. Dengan demikian, anak yang tunanetra dapat belajar seperti layaknya anak-anak yang normal.
Fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) Bagaimana metode kegiatan tahfiz Al-Qur’an pada anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember? 2) Bagaimana media kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an pada anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember? 3) Bagaimana evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an pada anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember?
Tujuan penelitian skripsi ini adalah sebagai berikut. 1) Mendeskripsikan metode kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan, Jember, 2) Mendeskripsikan media kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an pada anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember, 3) Mendeskripsikan evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tahfidz Al-Qur’an pada anak tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan Jember
Metode penelitian dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan jenis penelitian field research (penelitian lapangan). Penentuan subjek penelitian menggunakan purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dalam penelitian ini menggunakan analisis data yang terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan menggunakan model interaktif Miles dan Huberman. Sementara itu, keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan teknik.
Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. 1) metode kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan, Jember menggunakan metode Sima’i dilaksanakan sekaligus dalam satu kali pertemuan dengan cara guru membimbing dan membacakan ayat demi ayat Al-Qur’an yang telah ditargetkan. 2) media kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan, Jember menggunakan media Al-Qur’an Braille, sehingga target menghafal Al-Qur’an Siswa tunanetra yang ditentukan oleh guru tahfidz dalam satu bulan menghafalkan 3-4 surah. 3) evaluasi kegiatan ekstrakurikuler tahfiz Al-Qur’an pada siswa tunanetra di Sekolah Luar Biasa Negeri Branjangan, Jember yaitu dengan cara siswa tunanetra menyetorkan hafalan setiap satu minggu sekali pada hari jum’at kepada Guru Tahfiz. Selain itu Guru menanyakan tentang hukum bacaan tajwid seperti nun/mim sukun pada surat yang dibaca.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170103 Educational Psychology
17 PSYCHOLOGY AND COGNITIVE SCIENCES > 1701 Psychology > 170111 Psychology of Religion
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mr Basofi rahmat
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:57
Last Modified: 04 Jan 2024 03:57
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31443

Actions (login required)

View Item View Item