MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME KELAS IV DAN UPAYA GURU KELAS MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-BAROKAH AN-NUR KECAMATAN AJUNG JEMBER

FITRIANI, RISQA NUR (2024) MOTIVASI BELAJAR SISWA BROKEN HOME KELAS IV DAN UPAYA GURU KELAS MENUMBUHKAN MOTIVASI BELAJAR DI MADRASAH IBTIDAIYAH AL-BAROKAH AN-NUR KECAMATAN AJUNG JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
RISQA NUR FITRIANI_T20184113.pdf

Download (4MB)

Abstract

Tantangan yang muncul dari kondisi broken home memiliki pengaruh yang besar pada anak, khususnya terkait dengan motivasi belajar. Motivasi belajar memiliki peranan yang penting dalam proses pembelajaran. Motivasi memegang peranan yang penting dalam ranah pendidikan, terutama dalam proses pembelajaran di kelas. Sehingga dibutuhkan upaya dari guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa broken home. Fokus penelitian ini adalah: 1) Bagaimana motivasi belajar siswa broken home kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Ajung; 2) Bagaimana upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa broken home kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al Barokah An-Nur Ajung?. Tujuan dari penelitian ini adalah: 1) Untuk mengetahui motivasi belajar siswa broken home kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung; 2) Untuk mengetahui upaya guru dalam menumbuhkan motivasi belajar siswa broken home kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Adapun teknik pengumpulan datanya menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Serta untuk keabsahan datanya menggunakan triangulasi sumber dan teknik. Penelitian ini memperoleh hasil, yaitu: 1) Motivasi belajar siswa broken home memiliki ciri-ciri sebagai berikut: kurang begitu tekun ketika mengerjakan tugas yang diberikan, kurang menunjukkan minat dalam menyelesaikan soal-soal, kurang ada dorongan dalam diri sendiri, sering merasa cepat bosan saat menyelesaikan tugas sekolah, cenderung mudah menyerah dan sering merasa bahwa dirinya tidak mampu, kurang fokus saat guru sedang menjelaskan materi pelajaran, tidak menghiraukan nasehat yang diberikan oleh guru, sering menunda-nunda untuk mengerjakan tugas sekolah; 2) Sedangkan upaya yang dilakukan guru kelas untuk menumbuhkan motivasi belajar siswa broken home kelas IV di Madrasah Ibtidaiyah Al-Barokah An-Nur Ajung antara lain: menggunakan media yang sesuai dengan tujuan pembelajaran seperti media visual dan juga ada alat penunjang, menjelaskan tujuan pembelajaran yang akan dicapai, memberikan hadiah, menerapkan metode yang beragam, memberikan pujian, hukuman, membangkitkan dorongan kepada peserta didik untuk belajar, memberi ulangan dan menciptakan kebiasaan belajar yang positif, home visit.

Kata Kunci:Motivasi Belajar, Broken Home, Upaya Guru

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130313 Teacher Education and Professional Development of Educators
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1607 Social Work > 160702 Counselling, Welfare and Community Services
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: RISQA NUR FITRIANI
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:16
Last Modified: 04 Jan 2024 07:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31446

Actions (login required)

View Item View Item