PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) BUSTANUL ULUM 01 MLOKOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Gusmianingrum, Yossy (2024) PENGGUNAAN BUKU CERITA BERGAMBAR DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA SISWA KELAS III MADRASAH IBTIDAIYAH (MI) BUSTANUL ULUM 01 MLOKOREJO TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
YOSSY GUSMIANINGRUM_T20184107.pdf

Download (3MB)

Abstract

Yossy Gusmianingrum. 2023. Penggunaan Buku Cerita Bergambar Dalam
Meningkatkan Keterampilan Membaca Siswa Kelas III Madrasah Ibtidaiyah
(MI) Bustanul Ulum 01 Mlokorejo Tahun Pelajaran 2023/2024
Kata Knci: Buku Cerita Bergambar, Keterampilan Membaca
Media pembelajaran adalah segala sarana, alat dan media yang digunakan
dalam proses pembelajaran untuk mencapai tujuan pembelajaran yang ditetapkan.
Fokus penelitian ini yaitu 1) Bagaimana hasil upaya meningkatkan
keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran membaca melalui media cerita
bergambar di Kelas III MI Bustanul Ulum 01 Mlokorejo?, 2) Bagaimana
hambatan upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran
membaca melalui media cerita bergambar di Kelas III MI Bustanul Ulum 01
Mlokorejo
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui hasil upaya meningkatkan
keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran membaca melalui media cerita
bergambar di Kelas III MI Bustanul Ulum 01 Mlokorejo, 2) untuk mengetahui
hambatan upaya meningkatkan keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran
membaca melalui media cerita bergambar di Kelas III MI Bustanul Ulum 01
Mlokorejo
Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).
Dalam PTK ini peneliti menggunakan prosedur penelitian tindakan kelas yang
berbentuk siklus dan spiral. Penelitian akan dilaksanakan dalam dua siklus yang
setiap siklusnya terdiri atas 4 tindakan yaitu perencanaan tindakan, pelaksanaan
tindakan, perefleksian, dan evaluasi. subjek penelitian adalah siswa Kelas III MI
Bustanul Ulum 01 Mlokorejo Tahun Pelajaran 2023/2024 dengan jumlah 19 siswa
terdiri dari 10 orang laki-laki dan 9 orang perempuan. Instrumen pengumpulan
data menggunakan wawancara, tes tulis dan lembar observasi.
Hasil penelitian in menunjukkan bahwa 1) Hasil upaya meningkatkan
keterampilan membaca siswa dalam pembelajaran membaca melalui media cerita
bergambar di Kelas III MI Bustanul Ulum 01 Mlokorejo yaitu a) Aktivitas guru
dan siswa dalam proses belajar mengajar sudah mengarah pada pembelajaran
yang baik dan telah mengalami penirngkatan dari siklus I dan siklus II hasil
observasi guru dari jumlah skor 17 menjadi 42, sedangkan hasil observasi siswa
dari jumlah skor 14 menjadi 34, b) Hasil belajar siswa terkait kemampuan
membaca mengalami peningkatan dari pra siklus, siklus I dan siklus II.yang
sebelumnya mencapai score 2 di siklus I, di siklus II meningkat ke score 4. Yang
artinya buku cerita bergambar mampu meningkatkan kemampuan membaca siswa
2) hambatan peningkatan kemampuan membaca siswa melalui media buku cerita
bergambar yaitu 1) adanya siswa yang mempunyai kemampuan daya ingat yang
rendah, 2) durasi waktu yang dibutuhkan siswa dalam mengejak kata dan kalimat
cukup lama, 3) adanya siswa yang mudah terganggu dengan kegiatan yang
dilakukan siswa lain yang mengakibatkan subjek mudah kehilangan konsentrasi
didalam kelas.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130201 Creative Arts, Media and Communication Curriculum and Pedagogy
20 LANGUAGE, COMMUNICATION AND CULTURE > 2003 Language Studies > 200313 Indonesian Languages
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Yossy Gusmianingrum ningrum
Date Deposited: 04 Jan 2024 07:18
Last Modified: 04 Jan 2024 07:18
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31447

Actions (login required)

View Item View Item