Efektivitas Penggunaan Financial Technology dalam Kemudahan Bertransaksi (pada Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo)

Ainul Fikri, Avisqal (2023) Efektivitas Penggunaan Financial Technology dalam Kemudahan Bertransaksi (pada Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo). Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NEW SKRIPSI water mark.pdf

Download (1MB)

Abstract

Avisqal Ainul Fikri, Ana Pratiwi 2023: Efektivitas Penggunaan Financial Technology Dalam Kemudahan Bertransaksi (pada Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo).
Kata Kunci : Efektivitas, Financial Technology ̧ Kemudahan, BSI Mobile.
Pesatnya perkembangan teknologi membuat industri perbankan harus mengembankan fasilitas agar kepuasan nasabah menjadi poin penting, mengingat bank adalah agent of trust. Sekarang pembayaran Merchant lebih populer menggunakan menggunakan financial technology seperti QRIS, fitur yang terdapat pada setiap aplikasi dan juga terdapat pada BSI Mobile. BSI Mobile adalah sebuah teknologi yang digunakan oleh Bank Syariah Indonesia untuk mempermudah para nasabahnya dalam bertransaksi.
Berdasarkan pemaparan dari latar belakang diatas, fokus penelitian penulis adalah : 1) Bagaimana karyawan BSI KCP Banyuwangi Purwoharjo memberikan edukasi kepada nasabah tentang fasilitas layanan perbankan dan fitur yang terdapat pada BSI Mobile serta kemanfaatannya? 2) Bagaimana penggunaan financial technology (BSI Mobile) sebagai layanan perbankan yang efektif pada nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo? sehingga dari adanya penelitian ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan seputar financial technology terutama pada produk dari Bank Syariah Indonesia yaitu BSI Mobile, bagaimana panorama keberhasilan para karyawan BSI Mobile KCP Banyuwangi Purwoharjo dalam memberikan edukasi kepada nasabahnya dan bagaimana pandangan nasabah melalui fitur yang terdapat pada aplikasi BSI Mobile.
Untuk mengidentifikasi permasalahan diatas maka peneliti menggunakan metode penelitian kualitatif dengan jenis penelititan deskriptif. Penelitian ini menghasilkan data dari beberapa tehnik seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil penelitian menyimpulkan bahwa layanan BSI Mobile yang diberikan oleh Bank Syariah Indonesia KCP Banyuwangi Purwoharjo berhasil menjapai tujuan dari penggunaan aplikasi karena BSI Mobile karena dapat mempermudah transaksi serta memiliki banyak manfaat. Hasil penelitian juga menunjukan bahwa layanan BSI Mobile telah tepat sasaran. Nasabah sangat memahami dengan kemudahan yang dirasakan dan juga manfaat yang didapat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1499 Other Economics > 149999 Economics not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Perbankan Syari'ah
Depositing User: Tuan Avisqal Ainul Fikri
Date Deposited: 02 Jan 2024 08:16
Last Modified: 02 Jan 2024 08:16
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31449

Actions (login required)

View Item View Item