HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA PLUS AL-HASAN PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024

Roziqin, Anggi (2023) HUBUNGAN CARA BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR BIOLOGI SISWA KELAS XI IPA DI SMA PLUS AL-HASAN PANTI JEMBER TAHUN PELAJARAN 2023/2024. Undergraduate thesis, UIN KH ACHMAD SHIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Anggi Zainur Roziqin T20188069.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Anggi Zainur Roziqin, 2023. Hubungan Cara Belajar dengan Hasil Belajar Biologi
Siswa Kelas XI IPA di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran
2023/2024
Kata Kunci : Cara belajar, Hasil ulangan harian, Biologi
Cara belajar memiliki andil yang cukup besar dalam proses belajar.
Kemampuan yang diharapkan dapat dimiliki anak didik, akan ditentukan oleh
penggunaan suatu cara atau metode yang tepat sesuai dengan standar yang telah
ditetapkan. Cara belajar merupakan salah satu faktor yang dapat mempengaruhi
keberhasilan seseorang dalam belajar, dengan cara belajar yang baik maka akan
mempermudah siswa memahami materi-materi pembelajaran secara baik. Hasil
belajar akan menjadi optimal, jika siswa mempunyai cara belajar yang tinggi (baik)
dalam belajar maka siswa akan mendapatkan hasil belajar yang tinggi (baik).
Tujuan penelitian ini yaitu 1) untuk mendeskripsikan cara belajar siswa kelas
XI IPA di SMA Plus Al-Hasan Panti Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 2) untuk
mendeskripsikan hasil belajar siswa kelas XI IPA di SMA Plus Al-Hasan Panti
Jember Tahun Pelajaran 2023/2024. 3) untuk mengetahui adakah hubungan cara
belajar dengan hasil belajar pada materi biologi kelas XI IPA di SMA Plus Al-Hasan
Panti Jember Tahun Pelajaran 2023/2024.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian
korelasional non eksperimental. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI IPA di
SMA Plus Al-Hasan Panti Jember dengan jumlah sampel 63 siswa. Teknik dan
instrumen pengumpulan data menggunakan angket cara belajar dengan skala Likert
dan instrumen tes tulis dalam bentuk pilihan ganda 20 butir. Analisis data yang
digunakan adalah uji korelasi Product Pearson Moment.
Hasil ulangan harian biologi siswa kelas XI IPA di SMA Plus Al-Hasan Panti
Jember diketahui sebesar 7% memiliki hasil ulangan harian dengan kategori rendah,
65,1% siswa memiliki hasil ulangan harian tinggi, 27,9% siswa memiliki hasil
ulangan harian sangat tinggi dan tidak ada siswa yang memiliki kategori hasil
ulangan harian sangat rendah. Cara belajar siswa kelas XI IPA di SMA Plus AlHasan Panti Jember yaitu sebesar 62,8% memiliki cara belajar sangat tinggi, 34,9%
memiliki cara belajar tinggi, sebesar 2,3% memiliki cara belajar rendah dan tidak ada
siswa yang memiliki cara belajar dengan kategori sangat rendah. Berdasarkan hasil
analisis dara penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan signifikan antara cara
belajar dengan hasil ulangan harian biologi siswa kelas XI IPA di SMA Plus AlHasan Panti Jember tahun pelajaran 2023/2024 yang dapat diketahui melalui uji
hipotesis dengan uji korelasi Product Pearson Moment. Pada perhitungan koefisien
korelasi di dapat thitung sebesar 2,167 lebih besar dari ttabel dengan taraf signifikansi
5% (0,05) yaitu 2,019 dan harga signifikansinya 0,036 < 0,05. Dari penelitian ini
diketahui ada hubungan yang positif dan signifikan antara cara belajar siswa dengan
hasil ulangan harian biologi siswa, karena thitug > ttabel sehingga Ho ditolak dan Ha
diterima. korelasi antara cara belajar siswa dengan hasil ulangan harian biologi siswa
sebesar 0,626 berada pada rentang 0,60 – 0,799, yang termasuk dalam kategori kuat.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology
06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi
Depositing User: Anggi Zainur Roziqin
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:32
Last Modified: 02 Jan 2024 07:32
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31451

Actions (login required)

View Item View Item