Penanaman Nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Santri Di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso

Aini, Kuni Baridah (2023) Penanaman Nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Santri Di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso. Masters thesis, UIN KHAS Jember.

[img] Text
KUNI BARIDAH AINI_213206030026.pdf

Download (3MB)

Abstract

ABSTRAK
Kuni Baridah Aini dengan judul “Penanaman Nilai Aswaja An-Nahdliyah Dalam Membentuk Sikap Moderasi Beragama Santri Di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso”
Penanaman nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama bagi santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah merujuk pada upaya untuk mengajarkan dan menginternalisasi prinsip-prinsip moderasi, toleransi, dan pemahaman yang seimbang tentang agama Islam, dengan mengambil inspirasi dari pandangan dan ajaran-ajaran Nahdlatul Ulama’ dan menghormati perbedaan, dan berkontribusi positif dalam masyarakat.
Adapun Fokus dari penelitian ini yaitu : 1) Bagaimana transformasi nilai-nilai aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso? 2) Bagaimana transaksi nilai-nilai aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso ? 3) Bagaimana Transinternalisasi nilai-nilai aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso ?
Berikut tujuan dari penelitian ini yaitu : 1) Untuk mendeskripsikan transformasi nilai-nilai aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso. 2) Untuk mendeskripsikan transaksi nilai-nilai aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso. 3) Untuk mendeskripsikan transinternalisasi nilai-nilai aswaja An-Nahdliyah dalam membentuk sikap moderasi beragama santri di Pondok Pesantren Nurut Tholabah Pancoran Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya studi kasus, Teknik penentuan subyek penelitian dengan purposive, Teknik pengumpulan data dengan cara : (1) Observasi partisipasi pasif, (2) Wawancara semi terstruktur, dan (3) dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah : (1) pengumpulan data, (2) Kondensasi data, (3) penyajian data dan, (4) penarikan kesimpulan. Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member check. Triangulasi yang digunakan ada empat yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode, triangulasi data dan triangulasi teori
Adapun hasil penelitian : 1) Transformasi nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah di pondok pesantren terdapat tiga kegiatan, yaitu Madrasah Diniyah, pengajian kitab Tafsir Jalalain dan kitab Ihya' 'Ulum al-Din. 2) Transaksi nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah di pondok pesantren ini berlangsung melalui tiga kegiatan yaitu dialog di setiap materi Madrasah Diniyah, dialog di setiap pengajian kitab dan Bahtsul Masail. 3) Transinternalisasi nilai-nilai Aswaja An-Nahdliyah di pondok ini dikemukakan dalam beberapa kegiatan wajib bagi santri yaitu kewajiban shalat berjama'ah lima waktu, kewajiban shalat dhuha dan shalat hajat dan kegiatan ekstra kurikuler.
Kata Kunci : Nilai-Nilai Aswaja An-Nahdliyah, Moderasi Beragama

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1399 Other Education > 139999 Education not elsewhere classified
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: MRS KUNI BARIDAH AINI
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:41
Last Modified: 02 Jan 2024 07:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31453

Actions (login required)

View Item View Item