Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor pada kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari jember

Dian H, Dian Handika (2024) Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor pada kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari jember. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SKRIPSI FIX SELESAI .pdf

Download (4MB)

Abstract

Abstrak
Putri Handika Dian Agustin, 2023: Mengembangkan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Gobak Sodor Pada kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari Jember.

Kata Kunci: Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Anak, Permainan Tradisonal Gobak Sodor

Anak usia dini merupakan anak dengan rentang usia 0-6 tahun. Pada usia tersebut merupakan masa emas bagi anak dalam mengembangkan semua aspek perkembangannya dengan maksimal salah satunya yaitu motorik kasar. Penelitian ini dilaksanakan pada semester ganjil di TK Darul Hikmah Sumbersari Jember, dalam mengembangan kemampuan motorik kasar yaitu melalui permainan tradisional. Adapun lima permainan tradisional yaitu gobak sodor, lompat tali, bakiak, engklek, dan ular naga
Fokus penelitian ini adalah:1)Bagaimana Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari Jember? 2)Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Gobak Sodor Pada Kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari Jember?
Tujuan penelitian ini adalah: Mendeskripsikan Bagaimana Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Tradisional Pada Kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari Jember. 2) Mendeskripsikan Bagaimana Pelaksanaan Pengembangan Kemampuan Motorik Kasar Melalui Permainan Gobak Sodor Pada Kelompok B di TK Darul Hikmah Sumbersari Jember
Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Adapun tehnik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan model Miles and Huberman, dan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi Teknik, kondensasi data, penyajian data, dan Penarikan kesimpulan.
Hasil penelitian ini: 1)Pengembangan kemampuan motorik kasar melalui Permainan tradisional pada kelompok B di TK Darul Hikmah bermacam-macam yaitu diantaranya ada permainan gobak sodor, lompat tali, bakiak, engklek, dan ular naga. 2)Pelaksanaan pengembangan kemampuan motorik kasar melalui permainan gobak sodor diawali dari Anak diarahkan menuju ke lapangan untuk melakukan hompimpa terlebih dahulu, kemudian guru mencontohkan cara bermain gobak sodor, setelah terpilih ada satu kelompok untuk menepati garis permainan, lalu anak bermain Gobak Sodor dengan menghadang lawan agar tidak dapat masuk ke garis kotak pertama hingga terakhir. Permainan akan berakhir apabila salah satu dari kelompok tersebut terkena sentuh oleh penjaga garis kemudian bergantian dengan kelompok yang sebelumnya menjadi penjaga.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130102 Early Childhood Education
Depositing User: Dian H Dian Handika Ubaidillah
Date Deposited: 02 Jan 2024 07:34
Last Modified: 02 Jan 2024 07:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31454

Actions (login required)

View Item View Item