Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTs Bustanul Ulum Bulugading

Ikawati, Novia (2023) Pengaruh penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII MTs Bustanul Ulum Bulugading. Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
NOVIA IKAWATI_T201910090.pdf

Download (5MB)

Abstract

Novia Ikawati, 2023: Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Bulugading.

Kata Kunci: Group Investigation;Berpikir Tingkat Tinggi; Sistem Peredaran Darah Manusia

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa yang disebabkan oleh penggunaan model pembelajaran yang tidak inovatif, model pembelajaran yang sering digunakan hanya model konvesional sehingga siswa tidak aktif selama proses pembelajaran. Salah satu alternatif yang diharapkan akan menjadi solusi adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation yang dapat menciptakan suasana aktif selama proses pembelajaran sehingga kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa meningkat.

Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Kooperatif tipe Group Investigation terhadap kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa pada materi sistem peredaran darah manusia kelas VIII di MTs Bustanul Ulum Bulugading.

Jenis penelitian ini adalah penelitian Quasi Experiment dengan desain nonequivalent control group design. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling yaitu kelas VIII-B sebagai kelas eksperimen dan VIII-C sebagai kelas kontrol yang berjumlah masing-masing 32 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji Independent Sampel T-Test.

Berdasarkan hasil uji-t, diperoleh nilai signifikansi hasil tes dan observasi. Nilai signifikansi tes sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dan Nilai signifikansi observasi sebesar 0,000 artinya H0 ditolak dan Ha diterima. Dapat disimpulkan bahwa terdapat Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Pada Materi Sistem Peredaran Darah Manusia Kelas VIII MTs Bustanul Ulum Bulugading.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0601 Biochemistry and Cell Biology > 060114 Systems Biology
13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris IPA
Depositing User: Ms Novia Ikawati
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:10
Last Modified: 04 Jan 2024 04:10
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31455

Actions (login required)

View Item View Item