Implementasi Model Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang

Ni'mah, Fithrah (2023) Implementasi Model Blended Learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang. Masters thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI KIAI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
FITHRATUN NI'MAH_213206030055 (1).pdf

Download (3MB)

Abstract

Ni’mah, Fithrah, 2023, Implementasi Model Blended learning dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyah Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang. Tesis Program Studi Pendidikan Agama Islam Pascasarjana Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Shiddiq Jember.Pembimbing I. Dr.Hj. St. Mislikhah, M.Ag. Pembimbing II Dr. H. Shofyan Hadi, M. Pd.

Kata Kunci: Blended learning, Hasil Belajar, Mata Pelajaran Fikih

Teknologi abad 21 merupakan masa yang sangat berperan dalam perkembangan dunia pendidikan, hal ini sudah terbukti sebagai salah satu cara yang tepat dan sesuai serta memberikan hasil yang sangat baik karena teknologi memberikan alternatif cara belajar yang lebih inovatif, efektif dan menyenangkan. Model blended learning merupakan inovasi model pembelajaran yang menggabungkan antara penggunaan teknologi dalam kelas online dengan kelas offline(tatap muka), dalam kelas online ini aplikasi yang digunakan adalah menggunakan WA Group dan Google Meet. Model blended learning ini bisa dilakukan khusus untuk materi yang penting dan padat pembahasanya seperti mata pelajaran Fikih yang merupakan mata pelajaran penting, menuntut peserta didik tidak hanya mampu memahami tapi juga memparaktekan untuk bisa dilaksanakan dalam menjalankan kewajiban beribadah sehari-hari.
Fokus penelitian ini adalah bagaimana pelaksanaan, perencanaan serta evaluasi hasil belajar setelah pelaksanaan model blended learning dalam meningkatkan hasil belajar mata pelajaran Fikih Madrasah Tsanawiyyah Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang.
Penelitian ini bertujuan mendiskripsikan pelaksanaan, perencanaan serta evaluasi model blended learning dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Fikih MTs Miftahul Ulum Pandanwangi Tempeh Lumajang.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis kualitatif deskriptif dengan model interaktif Miles, Huberman dan Saldana dengan tiga langkah: kondensasi data (data condensation), menyajikan data (data display), dan menarik kesimpulan atau verifikasi (conclusion drawing/verification). Keabsahan data pada penelitian ini: triangulasi sumber dan triangulasi metode.
Adapun hasil penelitian ini adalah: (a)Perencanaan, meliputi MTs Miftahul Ulum melakukan analisis kebutuhan pemanfaatan teknologi, Menyusun tujuan model blended learning, menyusun dan membuat perangkat pembelajaran seperti RPP dan silabus serta jurnal pembelajaran, Menentukan aplikasi WA Group dan Google Meet (b)Pelaksanaan, meliputi tahapan-tahapan pembelajaran baik pada pembelajaran secara daring maupun secara tatap muka. (c) Evaluasi, meliputi evaluasi hasil belajar

Item Type: Thesis (Masters)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130108 Technical, Further and Workplace Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Mrs FITHRATUN NI'MAH
Date Deposited: 02 Jan 2024 09:07
Last Modified: 02 Jan 2024 09:07
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31456

Actions (login required)

View Item View Item