Penerapan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember

Damayanti, Elvina Ullya (2023) Penerapan Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember. Undergraduate thesis, UIN KH Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
ELVINA ULLYA DAMAYANTI_T20191023.pdf

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK
Elvina Ullya Damayanti, 2023: Penerapan pendidian karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember.

Kata kunci: penerapan pendidikan karakter, pendidikan agama islam

Penerapan pendidikan karakter adalah upaya yang terencana untuk menjadikan peserta didik mengenal, peduli dan mampu menginternalisasi nilai-nilai agar peserta didik mampu menumbuhkan karakter khasnya pada saat menjalankan kehidupan.
Fokus penelitian ini adalah: 1) bagaimana strategi guru dalam menerapkan pendidikan karakter religius, disiplin, dan jujur dalam mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Bima Ambulu Jember? 2)bagaimana faktor pendukung dan penghambat
dalam menerapkan pendidikan karakter religius, disiplin dan jujur dalam mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Bima Ambulu jember? 3) bagaimana evaluasi guru dalam menerapkan pendidikan religius, disiplin dan jujur pada mata
pelajaran pendidikan agama islam di kelas XI SMA Bima Ambulu Jember?.
Tujuan penelitia ini adalah mendeskripsikan strategi, faktor pendukung,faktor penghambat, dan juga evaluasi dalam penerapan pendidikan karakter pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di sekolah Menengah Atas Bima Ambulu Jember.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam skripsi ini adalah menggunakan teknik triangluasi data observasi partisipan, dan wawancara semiterstruktur. Teknik analisis data yang
digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menngunakan teori dari Miles, Huberman, dan Saldana yaitu kondensasi data, menyajikan data, dan penarikan kesimpulan atau verifikasi data.
Penelitian ini mendapatkan kesimpulan: 1) stategi guru PAI dalam menerapkan pendidikan karakter pada mata pelajaran PAI sudah terlaksana secara sistematis karena sudah terdapat dalam silabus dan rpp guru. Selain itu juga sesuai dengan tujuan PAI dan strategi pembelajaran menjaga ibadah, menjaga aqidah, menjaga ukhuwah, pembiasaan, ceramah, contoh teladan, pemberian nasihat, dan diskusi.2) terdapat faktor pendukung dan penghamat dalam penerapan pendidikan karakter yaitu keteladanan, kerja sama dengan wali peserta didik, media sosial, pergaulan teman dan kesadaran diri. 3) evaluasi pendidikan karakter religius, disiplin dan jujur pada mata pelajaran PAI di kelas XI SMA Bima Ambulu
Jember dilaksanakan dengan pengamatan oleh guru PAI yang bekerja sama dengan seluruh anggota SMA Bima Ambulu serta wali peserta didik. Selain itu juga evaluasi pendidikan karakter di SMA Bima Ambulu juga melalui kinerja siswa.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1302 Curriculum and Pedagogy > 130205 Humanities and Social Sciences Curriculum and Pedagogy (excl. Economics, Business and Management)
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220405 Religion and Society
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Miss Elvina Ullya Damayanti
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:08
Last Modified: 04 Jan 2024 03:08
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31461

Actions (login required)

View Item View Item