Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terintegrasi Keislaman Menurut Teory Polya Ditinjau dari Mathematic Anxiety

Sugianto, Asrori Septa (2023) Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Terintegrasi Keislaman Menurut Teory Polya Ditinjau dari Mathematic Anxiety. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Asrori Septa Sugianto_202101070032.pdf

Download (14MB)

Abstract

Kecemasan matematika yaitu rasa panik, tidak berdaya, kekakuan, dan gejala tubuh seperti pusing, sakit perut serta gangguan mental yang keluar dari dalam individu ketika mereka diminta untuk memecahkan masalah matematika. Tujuan penelitian ini yaitu mendeskripsikan kemampuan pemecahan masalah polya matematika terintegrasi siswa pada materi sistem persamaan linier dua variabel dengan tingkat math anxiety tinggi dan rendah. Penelitian ini dilakukan pada 21 siswa kelas VIII kelas VIII MTs MIFTAHUL ULUM Kalisat Jember. Metode yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Instrumen penelitian ini antara lain: (1) angket math anxiety, yang dikembangkan oleh Mahmood dan Khatoon adaptasi dari Mathematics Anxiety Scale; (2) soal matematika terintegrasi, yang digunakan untuk menilai kemampuan siswa dalam proses menyelesaikan masalah.; dan (3) pedoman wawancara, untuk melihat faktor serta alasan siswa melakukan kesalahan dalam tahap menyelesaikan masalah matematika. Hasil dari penelitian yaitu Kemampuan pemecahan masalah matematika terintegrasi keislaman dengan tingkat kecemasan matematika tinggi hanya mampu memenuhi indikator memahami masalah dan membuat rencana penyelesaian. Sedangkan kemampuan pemecahan masalah terintegrasi keislaman siswa dengan tingkat kecemasan matematika rendah memenuhi semua indikator pemecahan masalah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1301 Education Systems > 130106 Secondary Education
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Mr Asrori Septa Sugianto
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:47
Last Modified: 05 Jan 2024 01:47
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31467

Actions (login required)

View Item View Item