Hadis-Hadis Penanggulangan Kenakalan Remaja (study hadis tematik)

Aisyah, Sholwatul (2024) Hadis-Hadis Penanggulangan Kenakalan Remaja (study hadis tematik). Undergraduate thesis, UIN Kyai Ahmad Siddiq Jmber.

[img] Text
Sholatul Aisyah U20192010.pdf

Download (13MB)

Abstract

Remaja adalah masa peralihan dari kanak-kanak ke dewasa. Seorang remaja sudah tidak lagi dapat dikatakan sebagai kanakkanak, namun ia masih belum cukup matang untuk dapat dikatakan dewasa. Ia sedang mencari pola hidup yang paling sesuai baginya dan inipun sering dilakukan melalui metoda coba-coba walaupun melalui banyak kesalahan. kesalahan yang dilakukan dapat menimbulkan keresahan-keresahan kepada masyarakat, orang tua beserta lingkungannya, Namun kesalahan itu hanya saja membuat teman sebayanya senang karena mereka semua masih sama–sama mencari identitas. Kesalahanyang dapat meresahkan lingkungan sekitarnya inilah yang dikatakan kenakalan remaja.

Fokus penelitian ini 1. Apa saja hadis-hadis tentang penanggulangan kenakalan remaja? 2. Bagaimana penjelasan ulama’ tentang hadis penanggulangan kenakalan remaja? Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode studi pustaka dengan pendekatan kualitatif dan hadis tematik sedangkan teknik pengumpulan datanya ialah dengan mencari refenrensi yang berkaitan dengan judul penelitian ini.

Hadis-hadis penanggulangan kenakalan remaja ini di masukkan kedalam 3 hadis yaitu hadis tentang memilih teman yang baik, hadis tentang larangan memiliki sifat dengki dan hadis tentang mendidik anak.

Penanggulangan kenakalan anak remaja ini dimasukkan kedalam hadis yang membahas tentang memilih teman yang baik, hadis larangan memiliki sifat dengki dan hadis tentang mendidik anak.

Kata kunci : remaja, hadis, kenakalan.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Hadits
Depositing User: Ms Sholwatul Aisyah
Date Deposited: 09 Jan 2024 00:33
Last Modified: 09 Jan 2024 00:33
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31474

Actions (login required)

View Item View Item