Q.S Surah Al-Ankabut: 49 Dalam Wisuda Hafidh (Kajian Living Qur'an Di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang)

Muhammad, Ilyas (2023) Q.S Surah Al-Ankabut: 49 Dalam Wisuda Hafidh (Kajian Living Qur'an Di Pondok Pesantren Madrasatul Qur'an Tebuireng Jombang). Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
Muhammad Ilyas water.pdf

Download (1MB)

Abstract

Kata kunci: Wisuda Hafidh, Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an
Al-Qur’an merupakan bukti kasih sayang Allah SWT yang dapat dilihat dan terasa secara langsung dampaknya dalam kehidupan. Pengaruh dari al-Qur’an menyebabkan adanya interaksi antara manusia dengan al-Qur’an. Proses interaksi dalam hal ini beraneka ragam, salah satunya merupakan penulisan ayat atau disebut sebagai seni kaligrafi. Tindakan yang merupakan sebuah fenomena dari living Qur’an ini, terjadi di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang. Fenomena ini menggambarkan sebuah ayat yang dilukis dalam bentuk kaligrafi yang dituangkan pada background acara “Wisuda Hafidh” Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an di setiap tahunnya.
Fokus penelitian dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana konsep Q.S Al-Ankabut:49 sehingga menjadi bagian dari “Wisuda Hafidh”? 2) Apa pemahaman masyarakat pesantren terkait Q.S Al-Ankabut:49 pada “Wisuda Hafidh”?.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis penelitian lapangan (field research.) Teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam dan dokumentasi. Kemudian teknik analisis data menggunakan pendekatan living qur’an yang melihat fenomena sosial terhadap pemaknaan teks al-qur’an.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Q.S. Al-Ankabut:49 merupakan landasan dari pendirian Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an. Sehingga menjadi dasar dalam alasan terkait Q.S Al-Ankabut:49 berada dalam prosesi Wisuda Hafidh, juga sebagai peringatan kepada para wisudawan hafidh. 2) Pemaknaan masyarakat pesantren terhadap fenomena pemasangan Q.S. Al-Ankabut:49 beragam. Secara umum pemasangan Q.S. Al-Ankabut:49 merupakan bentuk relevan yang dipasang dalam background “Wisuda Hafidh.” Karena mengandung kesesuaian arti dengan pelaksanaan “Wisuda Hafidh” di Pondok Pesantren Madrasatul Qur’an Tebuireng Jombang.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mr Muhammad Ilyas
Date Deposited: 04 Jan 2024 04:25
Last Modified: 04 Jan 2024 04:25
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31477

Actions (login required)

View Item View Item