Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Peluang Kelas VIII Di MTs Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023

Wahyuni, Sri (2023) Pengaruh Self Efficacy Terhadap Kemampuan Penalaran Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Peluang Kelas VIII Di MTs Lombok Kulon Bondowoso Tahun Pelajaran 2022/2023. Undergraduate thesis, UIN Kiai Achmad Shiddiq Jember.

[img] Text
SRI WAHYUNI _T20197100.pdf

Download (3MB)

Abstract

Kata Kunci : Kemampuan Penalaran Matematis, Self Efficacy, Matematika.
Kemampuan penalaran matematis merupakan bagian terpenting dalam pembelajaran matematika. Kemampuan penalaran merupakan kunci dalam memahami konsep dan memecahkan masalah matematika. Beberapa faktor yang dapat mempengaruhi kemampuan penalaran matematis salah satunya ialah self
efficacy. Self efficacy merupakan keyakinan diri individu dalam mengerjakan suatu tindakan atau melakukan tugas untuk mencapai suatu hasil.
Masalah dalam penelitian ini adalah 1) bagaimana self efficacy siswa kelas VIII MTs Lombok Kulon Bondowoso?, 2) bagaimana kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Lombok Kulon Bondowoso?, 3) apakah ada pengaruh self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa MTs
Lombok Kulon Bondowoso Tahun Ajaran 2022/2023?.Tujuan dari penelitian ini adalah 1) untuk mengetahui self efficacy siswa kelas VIII MTs Lombok Kulon Bondowoso. 2) untuk mengetahui kemampuan penalaran matematis siswa kelas VIII MTs Lombok Kulon Bondowoso. 3) untuk mengetahui pengaruh self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis
siswa kelas VIII MTs Lombok Kulon Bondowoso.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian survei yang dilakukan di MTs Lombok Kulon Bondowoso. teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dengan jumlah sampel 35 dari 84
siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini berupa angket dan tes. Analisis data yang digunakan ialah statistic deskriptif dan statistic inferensial dengan menggunakan analisis regresi linear sederhana.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa 1) self efficacy siswa terdapat 6 orang dikategorikan rendah (17,1%), 22 orang dikategorikan sedang (62,9%), dan 7 orang dikategorikan tinggi (20%) 2) kemampuan penalaran matematis siswa terdapat 4 orang dikategorikan rendah (11,4%), 25 orang dikategorikan sedang (71,4%), dan 6 orang dikategorikan tinggi (17,1%) 3) berdasarkan analisis regresi
linear sederhana dapat dilihat dari hasil 2.223 > 2.032 dengan signifikansi 0,05, dan pada hasil uji F diperoleh 4.943 > 4.13 maka dapat disimpulkan bahwa Ha diterima dengan kata lain terdapat pengaruh yang signifikan variabel self efficacy terhadap kemampuan penalaran matematis siswa

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 01 MATHEMATICAL SCIENCES > 0199 Other Mathematical Sciences > 019999 Mathematical Sciences not elsewhere classified
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Matematika
Depositing User: Ms Sri Wahyuni
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:34
Last Modified: 04 Jan 2024 03:34
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31478

Actions (login required)

View Item View Item