KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH FATAHILLAH SUKOJEMBER JELBUK KABUPATEN JEMBER

DWI ZULFA, YUNI URSILA (2023) KEPEMIMPINAN KEPALA MADRASAH PEREMPUAN DALAM MENINGKATKAN MUTU MADRASAH DI MADRASAH ALIYAH FATAHILLAH SUKOJEMBER JELBUK KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN Khas kyai achmad siddiq jember.

[img] Text
DWI ZULFA YUNI URSILA_T20183085.pdf

Download (3MB)

Abstract

Dwi Zulfa Yuni Ursila,2022: Kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam meningkatkan mutu madrasah di madrasah aliyah Fatahillah sukojember jelbuk kabupaten jember.
Kata kunci:Kepemimpinan kepala madrasah perempuan,meningkatkan mutu madrasah.
Pendidikan merupakan suatu usaha untuk mengembangkan potensi yang dimiliki oleh individu supaya mampu untuk berdiri sendiri. Dengan pendidikan diharapkan seseorang mampu untuk berkembang baik secara profesional, keterampilan maupun kepribadian, agar mampu menghadapi tantangan zaman yang semakin sulit, Kepemimpinan pendidikan sangat dibutuhkan pada era sekarang adalah seorang pemimpin yang mempu membawa lembaga pendidikan mampu bersaing dengan lembaga pendidikan yang berkualitas. Tidak hanya pemimpin kepala laki-laki melainkan,pemimpimpin perempuan juga sangat berpangaruh dalam peningkatan mutu pendidikan, melalui aspek merencanakan, mengorganisasikan, memimpin, dan mengendalikan usaha anggota organisasi serta memberdayakan sumber daya yang telah tersedia secara optimal guna mencapai tujuan yang telah direncanakan.Merencanakan dimaksudkan bahwa pemimpin pendidikan harus dapat memikirkan dan merumuskan dalam suatu program tujuan dan tindakan yang dilakukan.
Focus Penelitian yang diteliti antara lain:1)Bagaimana gaya kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam meningkatkan mutu madrasah di MADRASAH ALIYAH Fatahillah Sukojember Jelbuk Kabupaten Jember?; 2)Apa saja kendala dari kepemimpinan kepala madrasah perempuan dalam meningkatkan mutu madrasah di MADRASAH ALIYAH Fatahillah Sukojember Jelbuk Kabupaten Jember?
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis deskriptif. Adapun teknik pengumpulan data menggunakan observasi partisipan pasif, wawancara semi terstrukur dan studi dokumen. Sedangkan analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan model interaktif Milles Huberman dan Saldana. Dengan analisis data yakni kondensasi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi teknik dan sumber.

Adapun hasil dari penelitain ini adalah: 1) Dalam memimpin madrsahnya, kepala madrasah menggunakan beberapa gaya kepemimpinan diantaranya: a) Gaya kepemimpinan Demokratis, b) Gaya Kepemimpinan Transformational, c) Gaya kepemimpinan Visioner. 2) Kendala yang dialami kepala madrasah yaitu kurangnya kepercayaan masyarakat akan madrasah yang dipimpinnya yang mana masyarakat lebih percaya kepada sekolah berbasis pesantren.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130303 Education Assessment and Evaluation
13 EDUCATION > 1303 Specialist Studies In Education > 130304 Educational Administration, Management and Leadership
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam
Depositing User: Ms Dwi Zulva Yuni Ursila
Date Deposited: 05 Jan 2024 01:04
Last Modified: 05 Jan 2024 01:04
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31479

Actions (login required)

View Item View Item