ANALISIS STRAREGI PEMASARAN INDUSTRI MEBEL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. MANDIRI MEBEL DESA GUMUK GEBANG NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER

Fatimatuzzahroh, Siti (2023) ANALISIS STRAREGI PEMASARAN INDUSTRI MEBEL DALAM MENINGKATKAN VOLUME PENJUALAN PADA UD. MANDIRI MEBEL DESA GUMUK GEBANG NOGOSARI KECAMATAN RAMBIPUJI KABUPATEN JEMBER. Undergraduate thesis, UIN KIAI HAJI ACHMAD SIDDIQ JEMBER.

[img] Text
SITI FATIMATUZZAHROH_ E20192400.pdf

Download (4MB)

Abstract

Siti Fatimatuzzahroh, Prof. Dr. H. Moch. Chotib, S.Ag, M.M., 2023: Analisis Strategi Pemasaran Industri Mebel Dalam Meningkatkan Volume Penjualan Pada UD. Mandiri Mebel Desa Gumuk Gebang Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Kata Kunci: Strategi Pemasaran, Bauran Pemasaran, Volume Penjualan

Strategi pemasaran dengan kondisi perkembangan jumlah penjualan produk, dengan melihat hambatan yang telah dimiliki UD. Mandiri Mebel sehingga diperlukan suatu rancangan untuk mengembangkan industri mebel supaya sesuai dengan target yang ingin dicapai dan dapat meningkatnya penjualan setiap tahun.
Fokus masalah dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana strategi pemasaran industri mebel dalam meningkatkan volume penjualan pada UD. Mandiri Mebel Desa Gumuk Gebang Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember? 2) Apa saja yang menjadi hambatan dan solusi yang diperoleh pada UD. Mandiri Mebel Desa Gumuk Gebang Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten jember?
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mengetahui dan mendeskripsikan strategi pemasaran dalam meningkatkan volume penjualan pada UD. Mandiri Mebel Desa Gumuk Gebang Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember. 2) Mendeskripsikan hambatan dan solusi yang diperoleh pada UD. Mandiri Mebel Desa Gumuk Gebang Nogosari Kecamatan Rambipuji Kabupaten Jember.
Metode yang digunakan yaitu metode Deskriptif Kualitatif dan jenis penelitian ini bersifat penelitian lapangan (field research). Penentuan informan ini peneliti menggunakan Purposive. Teknik pengumpulan data menggunakan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi. Analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Keabsahan data menggunakan triangulasi sumber. penelitian deskriptif dan pendekatan kualitatif digunakan dalam penelitian ini.
Kesimpulan pada penelitian ini adalah: 1) Dengan menerapkan strategi pemasaran produk yang berkualitas, harga yang lebih efektif dengan bertanggung jawab penuh sehingga barang sampai kepada konsumen, dan promosi yang efektif dengan cara online maupun offline. Oleh karena itu, hal tersebut dengan menggunakan metode bauran pemasaran (marketing mix) 4P yaitu : produk (product), harga (price), distribusi (place), promosi (promotion). 2) Hambatan yang diperoleh oleh UD. Mandiri Mebel dalam mengembangkan industri mebel adalah dalam proses produksi barang terkadang mengalami kelambatan yang disebabkan oleh pengrajin yang jarang datang ketempat kerja sehingga solusi yang digunakan adalah monitoring karyawan dan menegur serta memberikan peringatan kerja. Berdasarkan hasil analisis bauran pemasaran, bahwa industri mebel berkembang dan volume penjualan meningkat sebesar 19 % pada tahun 2022.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 14 ECONOMICS > 1402 Applied Economics > 140209 Industry Economics and Industrial Organisation
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: mis perpustakaan Siti Fatimatuzzahroh
Date Deposited: 04 Jan 2024 03:20
Last Modified: 04 Jan 2024 03:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31482

Actions (login required)

View Item View Item