Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Aktivisme Digital Dengan Pemanfaatan Media Sosial (Studi Kasus Yayasan Bina Bhakti Lingkungan Surabaya)

Nisa, Ika Khoirotun (2023) Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pendekatan Aktivisme Digital Dengan Pemanfaatan Media Sosial (Studi Kasus Yayasan Bina Bhakti Lingkungan Surabaya). Undergraduate thesis, UIN Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
Ika Khoirotun Nisa_D20192028.pdf

Download (4MB)

Abstract

Menghadapi persoalan sampah yang semakin kompleks, memunculkan beberapa golongan atau gerakan sosial yang memiliki tujuan untuk menyuarakan mengenai penyelesaian persoalan sampah. Pada umumnya, gerakan yang melakukan penyadaran akan persoalan sampah dilakukan atas dasar pelestarian lingkungan. Yayasan Bina Bhakti Lingungan melihat adanya peluang dalam melakukan pemberdayaan masyarakat terutama kepada masyarakat yang berkaitan erat dengan sampah melalui aktivisme digital dan pemanfaatan sosial media.
Tujuan penelitian ini yang dilakukan dalam skripsi ini adalah: 1) Mengetahui bentuk bentuk pemberdayaan masyarakat yang dilakukan Yayasan Bina Bhakti Lingkungan melalui pemanfaatan media sosial. 2) Mengetahui tahapan pemberdayaan masyarakat yang oleh Yayasan Bina Bhakti Lingkungan melalui sosial media.
Penelitian yang digunakan penelitian ini berupa penelitian kualitatif dengan jenis studi kasus. Teknik untuk mengumpulkan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Kemudian menggunakan teknik analsisis berupa analisis penjodohan pola yakni menganalisis antara pola yang empiris atau didasarkan pada teori dan fakta di lapangan yang di bandingkan dengan beberapa pola alternatif yang diprediksi.
Penelitian ini sampai pada simpulan bahwa: 1) bentuk pemberdayaan YBBL Surabaya melalui pemanfaatan media sosial, sebagai berikut: a) Bina Manusia, dengan memberikan edukasi dan penyadaran tentang pengelolaan sampah kepada masyarakat melalui media sosial. b) Bina Usaha, mengajak masyarakat agar mengelola sampahnya dan menyetorkan di bank sampah dibawah naungan YBBL Surabaya. c) Bina Lingkungan, memberikan pembelajaran mengenai pengelolaan sampah kepada masyarakat. d) Bina Kelembagaan, mengajak berbagai pihak atau organisasi untuk berkontribusi dan bekerja sama dalam pembelajaran pengelolaan sampah. 2) Efektivitas aktivisme digital atau kampanye tentang isu pengelolaan sampah terhadap kesadaran dan partisipasi masyarakat yang dilakukan oleh Yayasan Bina Bhakti Lingkungan Surabaya: a)Tahapan Kesadaran (Attention), konten kampanye dan aktivisme digital yang diunggah mampu menggugah kesadaran masyarakat tentang pengelolaan sampah dan edukasi tentang sampah. b) Tahapan Ketertarikan, Konten kampanye dan aktivisme digital yang diunggah oleh Yayasan Bina Bhakti Lingkungan Surabaya mampu menarik perhatian orang sehingga mengikuti konten lainnya di media sosial YBBL Surabaya. c) Tahapan Keinginan, Konten Kampanye dan aktivisme digitral dapat menumbuhkan rasa ingin untuk turut serta dalam pengelolaan dan pemanfaatan sampah. d) Tahapan Tindakan, konten yang diunggah mampu mengedukasi masyarakat dan mengimplementasikannya dalam kehidupam sehari hari mereka.
Kata Kunci: Pemberdayaan Masyarakat, Aktivisme Digital, Media Sosial.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Subjects: 16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160805 Social Change
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160808 Sociology and Social Studies of Science and Technology
16 STUDIES IN HUMAN SOCIETY > 1608 Sociology > 160810 Urban Sociology and Community Studies
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Pengembangan Masyarakat Islam
Depositing User: Mrs Ika Khoirotun Nisa
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:41
Last Modified: 04 Jan 2024 02:41
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31490

Actions (login required)

View Item View Item