AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG PERAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA PERSPEKTIF OKI SETIANA DEWI DAN ADI HIDAYAT

Mubassiroh, Maryam (2023) AYAT-AYAT AL-QUR’AN TENTANG PERAN PEREMPUAN DALAM KELUARGA PERSPEKTIF OKI SETIANA DEWI DAN ADI HIDAYAT. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Kiai Haji Achmad Siddiq Jember.

[img] Text
MARYAM MUBASSIROH_U20191015.pdf

Download (7MB)

Abstract

Kata Kunci: Peran Perempuan, Keluarga, Oki Setiana Dewi, Adi Hidayat

Pandangan umum masyarakat Indonesia tentang perempuan dan perannya dalam keluarga selama ini masih banyak dilihat dari perspektif yang sempit. Bahkan peran perempuan di wilayah domestik dianggap remeh dan tidak signifikan dibandingkan peran laki-laki. Pada hakikatnya perempuan tidak hanya terbatas dalam lingkup domestik, namun juga memiliki ruang dan tempat diranah sosial. Salah satu da’i terkenal yang membahas mengenai peran perempuan yakni Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat. Kedua da’I tersebut menjelaskan peran perempuan dengan pendapat yang sama, yakni: perempuan sebagai ibu, istri dan perempuan sebagai hamba Allah, namun terdapat beberapa konteks ayat yang digunakan berbeda.
Fokus penelitian ini adalah 1) Bagaimana penafsiran Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat terhadap ayat-ayat Al-Qur’an tentang peran perempuan dalam keluarga?. 2) Bagaimana karakteristik penafisran Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat terhadap ayat-ayat Al-Qur’an tentang peran perempuan dalam keluarga?. Tujuan penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan penafsiran Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat terhadap ayat-ayat Al-Qur’an tentang peran perempuan dalam keluarga. 2) Untuk menjelaskan karakteristik penafsiran Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat terhadap ayat-ayat Al-Qur’an tentang peran perempuan dalam keluarga.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode dekriptif-analitik. Sumber data diperoleh melalui ceramah Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat pada channel YouTube dan sumber data tertulis lainnya. Teori yang digunakan adalah teori kelisanan dan keaksaraan Walter J Ong dan teori Komunikasi Harold Dwight Lasswell
Hasil penelitian ini, yakni: 1) Oki Setiana Dewi menjelaskan bahwa peran perempuan dalam keluarga terdapat empat poin, yakni: peran perempuan sebagai hamba Allah, peran perempuan sebagai anak, peran perempuan sebagai istri, dan peran perempuan sebagai ibu. Sedangkan Adi Hidayat menjelaskan bahwa perempuan itu memiliki sifat untsa yang artinya mengandung, melahirkan dan menyusui. Perempuan juga berperan sebagai istri dan berperan sebagai hamba Allah. 2) Karakteristik penafsiran Oki Setiana Dewi jika dianalisis dengan menerapkan teori kelisanan Walter J. Ong, terdapat empat ciri kelisanan dari sembilan ciri yang ditawarkan. Karakteristik penafsiran Adi Hidayat jika dianalisis dengan menerapkan teori kelisanan Walter J. Ong, terdapat enam ciri kelisanan dari Sembilan ciri yang ditawarkan. Karakteristik ceramah Oki Setiana Dewi dan Adi Hidayat di sosial media menggunakan teori komunikasi Harold Dwight Laswell dengan lima pertanyaan, yakni: Who (siapa), Says What (apa pesan yang disampaikan), In Which Channel (sumber apa yang digunakan), To Whom (siapa komunikan), dan With What Effect (apa sesuatu yang didapatkan).

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Peran Perempuan, Keluarga, Oki Setiana Dewi, Adi Hidayat
Subjects: 22 PHILOSOPHY AND RELIGIOUS STUDIES > 2204 Religion and Religious Studies > 220403 Islamic Studies
Divisions: Fakultas Ushuluddin, Adab dan Humaniora > Ilmu Al-Qur'an dan Tafsir
Depositing User: Mrs Perpustakaan Maryam Mubassiroh
Date Deposited: 04 Jan 2024 02:20
Last Modified: 04 Jan 2024 02:20
URI: http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31493

Actions (login required)

View Item View Item