Dewi, Shanggita (2023) PENGARUH PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) BERBANTUAN MEDIA VIDEO INTERAKTIF PADA MATERI VIRUS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS X SMA UNGGULAN BPPT DARUS SHOLAH JEMBER TAHUN AJARAN 2022/2023. Undergraduate thesis, Uin kh achmad shiddiq jember.
Text
SHANGGITA DEWI _T20188061.pdf Download (6MB) |
Abstract
ABSTRAK
Shanggita Dewi, 2023: Pengaruh Model Pembelajaran Contextual Teaching
and Learning (CTL) Berbantuan Media Video Interaktif pada Materi Virus
terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X SMA Unggulan BPPT Darus Sholah
Jember Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci : Model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL),
media video interaktif, hasil belajar
Model pembelajaran Contextual Teaching and Learning yang dipadukan
dengan media video interaktif merupakan perpaduan model pembelajaran yang
menghubungkan materi dengan situasi nyata yang membantu siswa memahami
makna pelajaran yang dipelajari dan menciptakan pembelajaran bermakna melalui
pemanfaatan media pembelajaran sehingga mempengaruhi keaktifan siswa yang
berdampak terhadap hasil belajar siswa.
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: 1) Bagaimanakah hasil belajar
siswa setelah penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning
(CTL) berbantuan media video interaktif pada materi virus pada kelas X SMA
Unggulan BPPT Darus Sholah Jember? 2) Adakah pengaruh penerapan model
pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan video interaktif
pada materi virus terhadap hasil belajar siswa kelas X SMA Unggulan BPPT
Darus Sholah Jember?.
Tujuan penelitian ini adalah: 1) Mendeskripsikan hasil belajar siswa setelah
penerapan model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL)
berbantuan media video interaktif pada materi virus pada siswa kelas X SMA
Unggulan BPPT Darus Sholah Jember 2) Untuk mengetahui pengaruh penerapan
model pembelajaran contextual teaching and learning (CTL) berbantuan video
interaktif pada materi virus terhadap hasil belajar kelas X SMA Unggulan BPPT
Darus Sholah Jember.
Penelitian ini merupkan jenis penelitian kuantitatif dengan desain
Nonequivalent Group Pretest Posttest Design dan jenis penelitian Quasi
Experiment. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling
dengan sampel kelas X A sebanyak 23 siswa sebagai kelas eksperimen dan X B
sebanyak 23 siswa sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data menggunakan
tes berupa pretest dan posttest, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik
analis data yang digunakan adalah uji Independent Sample T-test.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Hasil belajar siswa dengan penerapan model
pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video
interaktif memiliki rata-rata lebih tinggi setelah perlakuan sebesar 85,87
dibandingkan dengan kelas kontrol yang menggunakan pembelajaran direct
intruction sebesar 68,48. 2) Terdapat pengaruh penerapan model pembelajaran
Contextual Teaching and Learning (CTL) berbantuan media video interaktif pada
materi virus terhadap hasil belajar siswa kelas X di SMA Unggulan BPPT Darus
Sholah Jember, dibuktikan dari hasil uji independent sample t-test dengan nilai
sig. 2-tailed 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung 5,765 > t tabel 2,015.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Subjects: | 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069902 Global Change Biology 06 BIOLOGICAL SCIENCES > 0699 Other Biological Sciences > 069999 Biological Sciences not elsewhere classified |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan > Tadris Biologi |
Depositing User: | Shanggita Dewi |
Date Deposited: | 04 Jan 2024 02:39 |
Last Modified: | 04 Jan 2024 02:39 |
URI: | http://digilib.uinkhas.ac.id/id/eprint/31495 |
Actions (login required)
View Item |